MAKASSAR, Relawan Komunitas Remaja ORW. 05, Komplek Unhas, Kelurahan Biring Romang Kecamatan Manggala, kota Makassar, Minggu, 21 Juni 2020, jam 3 dini hari, membagikan 50 paket bantuan sembako kepada korban banjir di kelurahan Tapajjeng, kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Menurut Koordinator kegiatan Dwiki Reski Mulyadi, guna menghindarkan kerumunan warga, sesuai dengan kesepakatan bersama tokoh masyarakat setempat, tim dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian menyebar dengan didampingi tokoh masyarakat setempat langsung mendatangi rumah warga untuk membagikan bantuan.

“Sekitar jam 2 dini hari kami tiba di Bantaeng, setelah melapor di posko kesehatan kami langsung menuju ke rumah Dg. Tayang yang kami gunakan sebagai posko, selanjutnya kami menyebar dengan didampingi tokoh masyarakat setempat mendatangi rumah warga untuk mendistribusikan langsung bantuan yang kami bawa dari Makassar,” terang Dwiki yang akrab dipanggil Yoko, kepada Mediasulsel.com, Senin (22/6).

Karena kondisi medan yang cukup sulit akibat diterjang banjir, untuk membagikan paket sembako ke 50 rumah warga tersebut, baru dapat diselesaikan setelah 2 jam kemudian.

Lebih lanjut Yoko menjelaskan dipilihnya kelurahan Tapajjeng sebagai lokasi penyerahan bantuan, karena wilayah tersebut, terutama di kawasan Lorong Sunyi merupakan wilayah paling terdampak, karena saat kejadian, air yang merendam wilayah tersebut mencapai ketinggian sekira 2 meter.

“Alhamdulillah meski kami datang di tengah malam buta, atau bahkan saat dini hari,tim kami disambut dengan antusias dan penuh rasa kekeluargaan,” ungkap Yoko.

Selain 50 kantong paket sembako yang telah didistribusikan, menurut Yoko juga terdapat sejumlah bantuan diantaranya, 14 bal mi instan, 4 dos sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi dan sampo, 9 karung pakaian bekas layak pakai dan 1 karung beras, yang diserahkan ke posko setempat untuk dibagaikan lebih lanjut.


Ketua ORW. 05 Kelurahan Biring Romang, selaku Pembina Komunitas Remaja ORW. 05, Muh. Ervinlaha, S.Sos, MM, ketika dihubungi secara terpisah mengaku sangat bangga dan mendukung penuh aksi sosial yang dilakukan remaja yang ada di wilayahnya tersebut.

“Saya selaku orang tua, tentu saja bangga dengan apa yang mereka lakukan, karena dengan jiwa sosial yang mereka miliki, merupakan menjadi modal utama bagi mereka di kemudian hari. Saya berharap hal ini terus dipertahankan, dan semoga tidak ada pengaruh-pengeruh negative yang hadir di tengah mereka, sehingga ketulusannya menjadi luntur,” tegas Ervin yang juga merupakan Ketua Pengelola Birma Peduli Sedekah Covid-19.

Bahkan lanjut Ervin, sesuai info yang diperoleh dari perwakilan komuntas remaja tersebut, jika tidak ada halangan, sisa dana yang mereka himpun yang belum terpakai rencananya akan disumbangkan untuk pembelian gandum bagi warga Palestina. (464Ys)