Kadinsos Sulsel: Bansos Tunai langsung ke Rekening Penerima
Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Gemala Faoza.

MAKASSAR—Plt Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sulsel Gemala Faoza menegaskan sebanyak 375 ribu masyarakat Sulsel mendapatkan bantuan sosial tunai dari pemerintah pusat.

“Bantuan sosial tunai berupa uang ini, langsung disalurkan ke rekening penerima melalui PT Pos atau Himpunan Bank Negara (Himbara),” ungkap Gemala Faoza saat ditemui di kantornya Jl. AP Pettarani (7/1/2021).

Gemala menjelaskan, terdapat tiga jenis bantuan yang diterima masyarakat yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Jadi ada tiga jenis Bantuan Sosial Tunai yang telah diluncurkan Pemerintah Pusat dengan berbagai kriteria mulai dari masyarakat miskin atau kurang mampu, masyarakat terdampak pandemi covid-19 seperti di PHK dari kantornya bekerja, pedagang yang tidak berjualan serta lainnya,” jelasnya.

Kadis Sosial Sulsel juga menyebut, pihaknya terus melakukan monitoring dan evaluasi penyaluran bantuan sosial tunai ini.

“Kita terus monitoring penyaluran bantuan sosial tunai ini di sulsel, dengan harapan masyarakat dapat terbantu dan mendorong daya belinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Fakir Miskin Dinsos Sulsel Ismail Rachim menambahkan, penerima bantuan sosial tunai di Sulsel mengalami peningkatan.

“Jadi memang datanya berubah dari tahun sebelumnya,Dan Alhamdulillah jumlah penerima tahun ini meningkat,” singkatnya. (*)