Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Dr Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi

TAKALAR – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Dr Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi telah menyerahkan kode register 11 desa kabupaten Takalar di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Takalar, Selasa (13/10/2020). Penyerahan tersebut telah melalui tahapan yang cukup panjang sekitar 5 bulan.

“Jadi kemarin kita sudah serahkan kode register untuk 11 desa dikabupaten takalar,yang melewati proses selama 5 bulan lebih dan tahapannya sudah dilewati dengan baik dan sudah bisa keluar kode register,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, setelah tahapan penyerahan kode register keluar maka pemerintah kabupaten Takalar dalam hal ini Bupati Takalar harus segera mengangkat Pejabat sementara Kepala desa.

“Tahapan selanjutnya Bupati Takalar segera mengangkat Pejabat sementara Kepala desa dan kemudian Kepala Desa melakukan rapat musyawarah desa terkait RKPD tahun 2021 mendatang,” sebutnya.

Kadis PMD Sulsel mengatakan, pemerintah kabupaten Takalar diberi waktu paling lama tiga tahun untuk memenuhi semua aturan dan persyaratan untuk diusulkan menjadi desa defenitif.

“Paling lambat tiga tahun, Pemda Takalar harus memenuhi semua aturan untuk pengusulan desa defenitif ke kemendagri,”

Ashari Fakhsirie Radjamilo menambahkan Pemprov Sulsel siap mensupport agar semuanya berjalan baik, apalagi ini untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemprov Sulsel senantiasa siap mendukung agar semua tahapan berjalan baik dan lancar, guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

Diketahui, sebanyak 11 desa persiapan pada 6 Kecamatan di Kabupaten Takalar yaitu Kecamatan Polut desa persiapannya yakni tarang towaya, Kecamatan Polongbangkeng Selatan dengan desa persiapan Kale Lantang, Kecamatan Galesong Selatan dengan desa persiapan yakni Kanaeng, Kecamatan Galesong Utara dengan desa persiapan Biring Kassi, Maccini Sombala, Sawakong Beba, Kaballokang Pakkabba, Kecamatan Galesong dengan desa persiapannya yakni Galesong Timur, Tarembang, Kampung Beru dan Kecamatan Kepulauan Tanakeke dengan desa persiapannya yaitu Minasa Baji. (*)