Kadishub Sulsel Sebut Penerbangan Perdana Toraja Airport–Balikpapan Mulai 23 September

Kadishub Sulsel Sebut Penerbangan Perdana Toraja Airport–Balikpapan Mulai 23 September
Kadishub Sulsel Muhammad Arafah menegaskan penerbangan perdana Toraja-Balikpapan akan dilaksanakan pada tanggal 23 September mendatang.

MAKASSAR—Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah menegaskan penerbangan perdana Toraja-Balikpapan akan dilaksanakan pada tanggal 23 September mendatang.

“Kalau penerbangan Toraja Balikpapan itu tanggal 23 ini bulan rencana terbang perdana itu pesawatnya boeing kelihatannya,” ungkap Muhammad Arafah saat dihubungi Mediasulsel.com, Selasa (6/9/2022).

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Andi Andi Sudirman Sulaiman (ASS) menyerahkan bantuan keuangan infra struktur obyek wisata (Obwis) Ollon, dan subsidi penerbangan rute baru Toraja Airport- Balikpapan, sebesar Rp22,5 miliar pada HUT Ke-65 Tana Toraja, dan Hari Jadi Toraja Ke-775 di bandara Ranteyayo.

Tak lama berselang, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, dan Kepala Bandara Toraja Airport, Agus Nur Cahyo, meneken MoU Rute Penerbangan baru Toraja Airport-Balikpapan yang dilayani Maskapai Wings Air, dengan pesawat ATR.72-600.

Kepala Bandara Toraja Airport, Agus Nur Cahyo menjelaskan, rute Toraja-Balikpapan akan dimulai tanggal 23 September 2022, penerbangan perdana. Penumpang Toraja ke Balikpapan juga bisa meneruskan penerbangan ke Berau dan Tarakan demikian pula  sebaliknya.

Subsidi pemerintah dua alternatif jaminan seat dihitung rute pulang pergi jumlah seat 60 sekali terbang 60 seat dan pulang pergi 120 seat.

Berita Lainnya

Demikian pula block seat, jumlah penumpang 60 orang, jika penumpang di bawah 60 orang Pemda akan menutupi kekurangannya, jelas Agus.

Penerbangan Toraja Airport-Balikpapan, dua kali sepekan, Senin-Jumat, dengan harga tiket antara Rp1,6 juta sampai Rp1,7 juta.

Pemprov Sulsel mengalokasikan anggaran Rp2 miliar subsidi penerbangan tersebut. Rute baru penerbangan untuk bangkitkan pariwisata sebab Toraja penyangga IKN. (*)

Lihat Juga:  Gubernur : Sekprov Harus Mengurus Gubernur dan Wagub dengan Baik

Berita terkait