Kepala Bappelitbangda Sulsel: Tahun 2021 Fokus Percepatan Pemulihan Ekonomi
Junaedi, Kepala Bappelitbangda Sulsel

MAKASSAR – Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel Junaedi menegaskan, struktur perencanaan pembangunan tahun 2021 fokus pada percepatan pemulihan ekonomi.

“Kita tau bersama, pandemi covid-19 berdampak sangat besar pada stabilitas ekonomi nasional bahkan di Sulsel. Ekonomi kita mengalami kontraksi hingga minus 3,87 persen. Sehingga ini yang menjadi tantangan kedepan dengan melakukan percepatan pemulihan ekonomi,” ungkap Junaedi, Jumat (11/9/2020).

Ia menyebutkan sektor pertanian tetap menjadi yang paling strategis dalam mendorong pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Sektor pertanian tetap sebagi sektor strategis dalam rangka mendorong pemenuhuhan kebutuhan pangan dan konsumsi masyarakat. Kemudian sektor perdagangan yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi,” sebutnya.

Lebih Jauh Junaedi menyebutkan, sektor kontruksi yang ditopan dari anggaran APBN maupun APBD diharapkan dapat menyerap tenaga kerja yang cukup besar.

“Salah satu dampak Pandemi covid-19 adalah meningkatnya jumlah pengangguran, sehingga pada tahun 2021 mendatang, sektor kontruksi akan lebih didorong dengan harapan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya,” ucapnya.

Kepala Bappelitbangda Sulsel ini menambahkan, Pemerintah Provinsi Sulsel akan mendorong agar semakin banyak investor yang berinvestasi di Sulsel.

“Sesuai keinginan Gubernur Sulsel, agar investasi mengalir terus di sulsel, kita melakukan pembenahan diantaranya dengan perbaikan pelayanan serta lainnya,” tutupnya. (*)