MAKASSAR – Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sekretariat Daerah Kota Makassar, Muhammad Yarman, mengajak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kembali ke tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dalam mengawal pemberdayaan masyarakat di kota Makassar.

Hal itu disampaikan mantan Sekdis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut saat menerima rombongan pengurus Asosiasi LPM kota Makassar dan ketua Forum Komunikasi (FK) LPM kecamatan se kota Makassar di ruang kerjanya, Selasa (28/1).

“Beberapa hari yang lalu Pak wali kota berpesan kepada saya untuk kembali membangun visi seluruh ketua LPM kelurahan se kota Makassar untuk fokus dalam menjalankan tupoksinya dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam menghadapi pesta demokrasi Pilwalkot 2020, LPM tidak perlu terlibat secara kelembagaan dalam urusan dukung-mendukung calon,” tegas Yarman.

Dalam kaitann tersebut, Yarman berjanji dalam waktu dekat ini sebagai upaya penguatan kembali kelembagaan LPM, dalam waktu dekat ini, akan melakukan kunjungan ke seluruh kecamatan untuk bertemu dengan camat, lurah dan seluruh ketua LPM kelurahan, membahas hal tersebut.

“Selaku kepala Bagian yang baru menjabat, saya sudah mengagendakan rencana untuk ketemu bapak-bapak ketua LPM beserta camat dan lurah, dengan mengunjungi setiap kecamatan, hal itu penting dilakukan untuk menciptakan kesamaan persepsi dalam membangun hubungan antar stakeholder sesuai tingkatannya,” lanjut Yarman yang sebelumnya pernah menjabat sebagai camat Tamalanrea tersebut.

Selain kunjungan ke kecamatan, setelah itu rencananya Yarman juga akan mempertemukan 153 ketua LPM kelurahan se kota Makassar dengan Pj. Wali kota, guna bersilaturahmi sekaligus membahas konsep penguatan kelembagaan LPM mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke kota.

Menanggapi hal itu ketua FKLPM kecamatan Sangkarang H. Samapara mengaku menyambut baik rencana tersebut terutama dalam mengantisipasi penguatan peran LPM proses dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya masing-masing, khsusnya dalam hal pengelolaan dana kelurahan.

“Ini hal yang patut kita apresiasi, karena dengan rencana pertemuan antara ketua LPM, Lurah dan camat di setiap kecamatan, yang difasilitasi oleh BPM tentu saja ini berdampak positip terhadap penyamaan persepsi antara unsur-unsur tersebut dalam mengawal proses pembangunan di wilayahn ya,” tegas H. Sampara.

Dalam Kesempatan tersebut, rombongan pengurus Asosiasi yang dipimpin wakil ketua II Asosiasi LPM Makassar, Jumail Mappiare juga disepakati segera dilakukan konsolidasi ke dalam untuk penguatan kelembagaan dan penataan asosiasi ke depan. (464Ys)