Makassar

Kepala BPS Sulsel: Perbedaan Data bukan Masalah

MAKASSAR – Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel, Nursam Salam, SE menegaskan, kunci perbedaan data BPS dan data KB, dihadapan enam puluh sembilan orang Petugas Lapangan KB se Kabupaten Takalar dan Jeneponto, Sabtu 12 Agustus 2017, di Makassar.

Nursam mengatakan, seringkali banyak yang mempermasalahkan perbedaan data kependudukan yang dimiliki BKKBN dan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik. Padahal hal tersebut bukanlah masalah. Perbedaan data justru menunjukkan jika pihak BPS dan BKKBN benar-benar bekerja sesuai tugasnya.

“Kalau ada perbedaan data, itu bukti bahwa data kita benar. Kita masing-masing bekerja. Yang justru salah jika data kita sama, sementara metode yang digunakan KB dan BPS, adalah metode yang berbeda,” jelas Nursam.

Hal tersebut disampaikan Nursam saat menjadi keynote speaker dalam Pelatihan Fungsional Dasar LDU bagi PNS Petugas Lapangan KB se Kabupaten Jeneponto dan Takalar, Sabtu 12 Agustus 2017, yang dilaksanakan sejak tanggal 6 dan akan berlangsung hingga 26 Agustus 2017, di Kampus STIE AMKOP Makassar.

Seluruh peserta terlihat antusias menerima materi Survey Demografi Dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017. Selain menerima bocoran kapan data tersebut akan dirilis, peserta juga antusias berbagi tips ‘menaklukkan’ responden dalam setiap pendataan.

Sementara itu, Muhammad Edi Muin, Kepala Bidang Latbang BKKBN Sulsel selaku moderator, menutup diskusi dengan membacakan pantun pendek, menyemangati peserta, bahwa BPS dan KB harus berjalan berdampingan, melihat perbedaan sebagai sebuah keindahan. Data yang berbeda harusnya tidak dipermasalahkan tetapi harus disandingkan.

Diketahui, Survey Demografi Dan Kesehatan Indonesia (SKDI), saat ini sedang dilaksanakan, dan dijadwalkan akan selesai pada Desember 2017.

Data ini merupakan survey sosial kependudukan berkala, yang mengumpulkan berbagai informasi, termasuk diantaranya Fertilitas atau kelahiran, Mortalitas atau kematian, dan Prevelensi KB atau keikutsertaan ber KB. (F1t/464ys)

 

Komentar Anda

Komentar Anda

Popular

Ke Atas