Kerajaan Malaysia Larang WNI Kunjungi Negaranya

0
192

KUALA LUMPUR – Kerajaan Malaysia melarang warga negara Indonesia (WNI) untuk masuk ke negaranya hal ini terkait lonjakan kasus virus corona di Indonesia, aturan ini terhitung mulai 7 September 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Aturan yang sama berlaku bagi warga negara India dan Filipina.

Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan, aturan ini diberlakukan untuk membendung kasus Covid-19 impor dari negara-negara tersebut, termasuk dari Indonesia.

Larangan masuk ini juga berlaku bagi pemegang visa jangka panjang, seperti penduduk tetap, ekspatriat, peserta Malaysia My Second Home, pemegang izin kunjungan profesional, pasangan warga negara Malaysia, dan pelajar.

Di saat yang bersamaan, sikap Malaysia yang membatasi diri untuk membuka wilayah perbatasannya menunjukkan pemerintah malaysia sangat berhati-hati untuk melindungi warganya agar tidak terpapar COVID-19.

Pemerintah Malaysia juga akan merancang ulang negara mana saja yang bisa diajak untuk melakukan kebijakan travel corridor. Kabarnya, Malaysia cuma akan memilih negara-negara yang memiliki kasus COVID-19 rendah untuk mengunjungi wilayahnya. [*]