Beranda ยป Internasional ยป Korea Utara Setuju Ikut Bagian dalam Olimpiade di Korea Selatan
Internasional

Korea Utara Setuju Ikut Bagian dalam Olimpiade di Korea Selatan

DUNIA – Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menawarkan pengiriman delegasi tingkat tinggi ke Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Pyeongchang.

Proposal tersebut diajukan pada hari Selasa (9/1) dalam pembicaraan tatap muka pertama dalam dua tahun antara dua negara yang bermusuhan itu. Wakil Menteri Unifikasi Chun Hae-sung mengatakan kepada para wartawan di Seoul, Korea Utara telah menawarkan pengiriman delegasi pejabat tinggi, atlet, dan regu penggembira ke Olimpiade, yang dimulai pada tanggal 9 Februari.

Chun Hae-sung juga mengatakan bahwa Korea Selatan telah mengusulkan reunipara anggota keluarga yang terpisah sejak perang saudara 1950-1953 yang memisahkan Korea Utara yang otokratis dan Korea Selatan yang demokratis. Reuni itu diusulkan agar diadakan bulan depan selama Tahun Baru Imlek. Dia mengatakan Seoul telah mengusulkan agar kedua negara berdefile bersama dalam upacara pembukaan Olimpiade Pyeongchang.

Perundingan tersebut diadakan di Panmunjom, yang disebut sebagai desa perdamaian yang terletak di perbatasan di mana gencatan senjata 1953 ditandatangani. Gencatan senjata itu mengakhiri pertempuran dalam Perang Korea. Kedua negara itu secara resmi masih berperang. [voa/4ld]