Lapor SP4N dan Baruga Sulsel, Libatkan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pembangunan

MAKASSAR – Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP) Provinsi Sulsel, melakukan bimbingan teknis Lapor SP4N, yang dilaksanakan di ruang command center, dihadiri seluruh organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup pemprov Sulsel.

Kepala Bidang Layanan e-Government Dinas KISP Provinsi Sulsel, Lukmanuddin mengatakan hadirnya lapor SP4n dan Baruga Sulsel yang saat ini sudah berjalan maksimal. Ini merupakan langkah melibatkan masyarakat dalam setiap penyelenggaraan pembangunan di Sulsel.

“Hadirnya Lapor SP4N dan Baruga Sulsel yang terintegrasi akan semakin memaksimalkan keterlibatan masyarakat dalam setiap penyelenggaraan pembangunan dengan memberikan saran dan kritikannya baik itu aspek, sosial, budaya, ekonomi maupun lainnya,” beber Lukmanuddin, Rabu (10/7/2019).

“Aduan yang masuk baik itu kelembaga kepemerintah maupun ke OPD, sejauh ini belum dikelola dengan baik karena berjalan sendiri-sendiri, sehingga diharapkan dengan hadirnya lapor SP4N dan Baruga Sulsel. Maka semua akan terpusat dan berjalan lebih maksimal,” jelasnya.

Lukmanuddin menekankan, agar pengelolaan aduan yang masuk dikelola oleh satu orang saja sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

“Sebaiknya setiap aduan yang masuk dikelola oleh satu orang saja, sehingga tidak terjadi tumpang tindih serta ditekankan untuk senantiasa melakukan komunikasi dengan para pejabat baik eselon 2 maupun 3 sebelum memberikan jawaban. Karena melihat posisi admin hanya sebagai fasilitator saja,” papar Lukmanuddin.

“Setiap aduan atau laporan yang masuk harus diberikan jawaban yang jelas dan akurat dari pihak yang berkompeten sehingga masyarakat merasa puas karena terlayani dengan baik,” imbuhnya.

“Seluruh peserta Bimtek diharapkan dapat mengikuti dan memperhatian materi dengan baik, sehingga bisa diterapkan opdnya masing-masing,” pungkas Lukmanuddin. (*)