Beranda » Makassar » Makassar Sambut Tim Penilai Adipura P1
Makassar

Makassar Sambut Tim Penilai Adipura P1

MAKASSAR – Penilaian Adipura tahap pertama (P1) oleh Kementrian Lingkungan Hidup RI tahun 2017-2018 kembali dilakukan di Kota Makassar. Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, H. Baso Amiruddin membenarkan hal tersebut, jika tim penilai P1 Adipura akan melakukan penilaian.

“Insya Allah tim adipura dari Jakarta turun hari ini, untuk menilai titik lokasi yang akan menjadi penilaian,” ucap Sekda saat ditemui diruang kerjanya lantai 9 Menara Kantor Balaikota , Rabu (21/11).

Adapun titik penilaian yang dimaksud oleh Sekda Baso Amiruddin mencakup Fasilitas umum diantaranya; Sekolah, Pasar, Perkantoran, Hutan kota dan taman kota, terminal, pelabuhan, pertokoan, pemukiman, rumah sakit/puskesmas, jalan, perairan terbuka, TPA, pantai wisata, bank sampah, dan fasilitas pengolahan sampah skala kota.

H. Baso Amiruddin yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Makassar, menuturkan bahwa, tim penilai yang turun akan berada dikota Makassar selama tiga hari dan selama itu pula mereka melakukan penilaian ditempat tempat yang sudah ditentukan

“Kita harapkan seluruh pihak pihak yang berkompeten baik masyarakat dan pemerintah setempat bekerja sama mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya,” ucapnya

Dia berharap piala adipura yang sudah diraih dibawah kepemimpinan Walikota Danny Pomanto, bisa kembali pertahankan.

Seperti diketahui Kota Makassar telah meraih 3 Kali adipura diantaranya
tiga Piala Adipura kategori kota metropolitan. Masing-masing Adipura Buana tahun 2015, Adipura Kirana 2016, dan kembali meraih Adipura Kirana yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Auditorium Manggala Wanabakti, 2 Agustus 2017.

Hal yang membanggakan bagi kota Makassar saat Walikota Danny menerima penghargaan istimewa. Yaitu berupa Adipura ASEAN yang diserahkan oleh The Minister of Development Hon Dato Seri Setia Awang Haji Bahrin Bin Abdullah pada ASEAN ENVIRONMENT DAY 2017 di Serambi Suloh Hall, Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meraih semuanya, karena tak lepas dari komitmen Walikota Makassar dengan berbagai inovasinya salah satunya melalui program MTR, Lisa dan Bank Sampah. [*/4ld]