Menpora Dukung Kelanjutan Pembangunan Stadion Mattoanging
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali. Dikantor Menpora, Senin (31/5/2021).

MAKASSAR—Upaya Pemprov Sulsel untuk membangun kembali Stadion Mattoanging berbuah manis. Pemerintah pusat siap mendukung dan membantu anggaran.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, usai bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali. Dikantor Menpora, Senin (31/5/2021).

Menurut Andi Sudirman Sulaiman, Menpora sangat setuju dengan rencana additional design seperti yang diusulkan Pemprov Sulsel. Perubahan desain dilakukan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Yakni dengan kapasitas 20.000 seat dengan single seat dan tetap memenuhi standar FIFA. Kata Pak Menteri, kapasitas 20.000 itu sudah memenuhi standar FIFA tinggal menyesuaikan fasilitas-fasilitas lainnya yang juga memenuhi standar FIFA,” ucapnya.

Kemenpora juga akan mengeluarkan rekomendasi kepada Kementerian PUPR agar mendapatkan dukungan alokasi anggaran dari APBN. Belum diketahui pasti nominalnya, sebab pembahasan baru akan dilakukan pada APBN 2022 nanti.

“Ini bentuk dukungan Kemenpora ke pembangunan Stadion Mattoanging. Mereka akan mengeluarkan rekomendasi ke PUPR untuk dukungan anggaran,” ungkapnya.

Menpora, kata Sudirman, juga berpesan agar desain Stadion Mattoanging nantinya bisa mengadopsi arsitektur berdasarkan kearifan lokal.

Apalagi, dalam rancangan Perpres tentang grand design olahraga nasional, Sulsel menjadi salah satu dari 10 provinsi yang dijadikan sentra olahraga.

“Sehingga layak untuk mendapat perhatian dalam peningkatan sarana dan prasarana olahraga di Sulsel. Itu yang diharapkan Pak Menteri,” kata Sudirman.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali menambahkan konsentrasi anggaran dan fokus pemerintaah saat ini, baik di pusat maupun di daerah masih berfokus pada penanganan dan dampak Covid-19. Namun, ia mengapresiasi karena Pemprov Sulsel tidak melupakan kegiatan olahraga.

“Satu hal yang membuat kami tenang karena intonasi dari Pak Gubernur, walaupun konsentrasi Pemda pada penanganan Covid-19, tapi mereka tidak melupakan kegiatan olahraga,” ujar Zainuddin.

Ia mendukung kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging. Apa lagi ini stadion bersejarah. Kendati ada additional design, namun akan tetap berstandar internasional.

“Beliau minta masukan dan saran dari kita agar stadion itu jadi standar FIFA, sehingga kalau ada kejuaraan internasional, tidak perlu mencari tempat lain. Tapi kita tahu semua bahwa kondisi di pusat dan daerah masih fokus pada penanganan Covid dan berbagai dampaknya sehingga daerah pun menyesuaikan,” pungkasnya. (*)