MSMEs Day 2022: Ketahanan dan Kebangkitan UMKM Pasca Pandemi

MSMEs Day 2022: Ketahanan dan Kebangkitan UMKM Pasca Pandemi
Bahrul ulum Ilham (Koordinator Konsultan PLUT Sulawesi Selatan)

OPINI—Peringatan hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah Internasional atau Micro, Small Medium Entreprise Day (MSMEs Day) kembali digelar pada tanggal 27 Juni tahun 2022.

Peringatan hari UMKM internasional tahun ini adalah kali ke-5 sejak perayaan pertama di Buenos Aires, Argentina 27 Juni 2017, selanjutnya ditetapkan melalui sidang umum PBB.

Peringatan hari UMKM secara internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kontribusi UMKM terhadap pembangunan berkelanjutan dan ekonomi global.

Hari UMKM Internasional tahun 2022 menandai lebih dari 2 tahun sejak awal pandemi di tengah dunia global  yang masih di bawah bayang-bayang krisis iklim, konflik Ukraina-Rusia dan inflasi global.

Peran UMKM telah terbukti menjadi tulang punggung masyarakat, memberikan dukungan yang tak ternilai bagi ekonomi lokal dan nasional dan menopang mata pencaharian, khususnya, di antara pekerja miskin, perempuan, pemuda, dan kelompok rentan.

Mereka yang paling terpukul oleh berbagai guncangan namun disisi lain tetapi terus memainkan peran penting dalam membangun kembali ketahanan ekonomi yang lebih kuat.

Berita Lainnya

United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) sebagai organ utama Majelis Umum PBB dalam isu perdagangan, investasi dan pembangunan mencatat, UMKM menyumbang 90 persen dari bisnis, 60 sampai 70 persen dari lapangan kerja dan 50 persen dari PDB di seluruh dunia.

Berita Terkait