Mulai Februari, Teman Bus Direncanakan Tak Lagi Gratis

Masyarakat Sangat Antusias Menggunakan Teman Bus
Masyarakat Kota Makassar sangat antusias menggunakan moda transportasi Teman Bus atau Trans Mamminasa. Rata-rata armada bus yang melintas di jalan nyaris penuh.

MAKASSAR—Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan dalam waktu dekat Teman Bus bakal berbayar, alias tak lagi gratis.

Dirjen Hubdat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai tiket berbayar.

“Saat sekarang ini memang masih belum berbayar, tapi dalam waktu dekat kita sudah koordinasi dengan Kementerian keuangan tidak terlampau lama mudah-mudahan untuk tiket sudah bisa akan dikeluarkan, karena ini masuknya adalah kepada PNBP,” katanya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub, Suharto menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan perangkat pendukung tiket nontunai (cashless).

“Ke depannya adalah bagaimana kami akan memperbanyak terkait dengan jaringan angkutan umum untuk pelayanan BTS ini, termasuk saat ini kita sedang mempersiapkan adanya cashless,” tuturnya.

Perangkat penunjang tiket nontunai itu misalnya adalah mesin untuk mengisi ulang saldo yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran tiket. Hal itu menurutnya bisa diberlakukan Februari nanti. Dengan demikian mulai bulan depan ada kemungkinan Teman Bus tak lagi gratis.

Berita Lainnya

“Seandainya dalam waktu dekat bulan Februari ini sudah berbayar maka kami akan memperbanyak alat top up dan sebagainya, kami akan bekerja sama dengan pihak perbankan untuk nantinya bisa memberikan alat-alat untuk tapcash ini,” tambah Suharto.

Hal ini juga di benarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan provinsi sulsel Muhammad Arafah teman bus melalui program Buy The Service pada trans mamminasata diperkirakan akan mulai berbayar pada bulan februari mendatang.

“Kemungkinan akan mulai berbayar atau tidak gratis lagi dan untuk nilai besarannya masih akan di bicarakan lebih lanjut bersama semua pihak terkait,” ungkapnya.

Ia menyebutkan pengoperasian teman bus akan kembali berjalan normal seperti biasa pada awal Februari mendatang.

“Teman Bus akan kembali beroperasi pada awal bulan februari mendatang mengingat minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi ini cukup besar,” tuturnya.

Lebih jauh Muhammad Arafah mengaku berhentinya sementara operasional teman bus karena adanya gagal lelang di jakarta.

“Jadi berhentinya sementara operasional teman bus karena adanya gagal lelang di Jakarta, bukan karena adanya demo dari sopir angkutan kota, salah itu, dan ini dalam waktu dekat atau awal februari akan kembali berjalan,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk trayek tetap berjalan sesuai koridor yang ada. “Jadi trayeknya masih tetap,” pungkasnya.

Adapun trayek teman bus yaitu, Koridor 1: Terminal Mallengkeri-Unhas, Koridor 2: Mall Panakkukang-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Koridor 3: Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP, Koridor 4: Pelabuhan Soekarno Hatta-UIN Samata. (*)

Berita Terkait