Nusantara Ekspor Mendapat Dukungan Penuh Gubernur Sulsel

Nusantara Ekspor Mendapat Dukungan Penuh Gubernur Sulsel
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk menyampaikan terkait pelaksanaan Nusantara ekspor, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (16/3/2022).

MAKASSAR—Kepala Balai Karantina Pertanian Makassar Lutfie Natsir bersama jajarannya menemui Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk menyampaikan terkait pelaksanaan Nusantara ekspor, di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (16/3/2022).

Lutfie Natsir mengatakan, Nusantara ekspor ini akan berlangsung secara serentak di 49 pintu pelepasan ekspor. Target nasional sebesar Rp17 Triliun seluruh Indonesia. Khusus Sulsel menargetkan Rp350 Miliar.

“Nusantara eskpor ini yang berlangsung 24 Maret mendatang sebagai bagian untuk meningkatkan volume dan jumlah komoditi ekspor kita di Sulsel dengan 10 komoditi unggulan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sulsel. “Kami akan koordinasi dengan dinas ketahanan pangan dan dinas pertanian untuk sertifikasi rumah kebun dan Rumah produksi, dan pak gubernur sulsel sangat mendukung karena ini syarat ekspor kita ke cina,” sebutnya.

Ekspor Nusantara, Dominasi Kacang Mede dan Cengkeh
Kepala Balai Karantina Pertanian Makassar, Lutfi Natsir (tengah).

Lebih jauh Lutfi menjelaskan, Kementerian Pertanian memiliki lima kalender ekspor dalam program akselerasi tiga kali ekspor.

“Kita ada lima kalender ekspor dalam program akselerasi pertama di bulan maret nusantara ekspor, kedua di bulan april Kartini ekspor, bulai mei bangkit ekspor serta pada bulan Agustus merdeka ekspor dan akhir tahun gebyar eskpor,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sangat mendukung dan terus mengejar ekspor sebagai bagian dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kita terus kejar ekspor harus sinergi kementrian pertanian (Kementan), KKP serta lainnya baik hasil laut, pertanian, pertambangan serta lainnya harus ekspor,” ucap Andi Sudirman.

Gubernur termuda di Indonesia ini mengemukakan, nilai ekspor provinsi terus meningkat bahkan diawal tahun sudah sekitar 70 persen.

Lihat Juga:  Upaya Pemprov Berantas Narkoba Melalui “Sulsel Bersinar Gencarkan, BNN: Ide Brilian dari Gubernur Andi Sudirman

“Kita terus galakan ekspor sulsel, bahkan nilai ekspor sudah 70 persen di Januari kemarin,” tegasnya. (*)

Berita terkait