MAKASSAR, Tim Gugus Tugas Covid 19, kelurahan Biring Romang, dipimpin langsung Lurah Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Idawati, SM melaksanakan operasi penegakan Perwali nomor 36 tahun 2020, tentang Percepatan Pengendalian Covid-19, di Jl. Tamanagapa Raya, Rabu (5/6).

Selama kegiatan, petugas secara persuasif menegur dan mengingatkan para pengguna jalan yang tidak mengenakan masker dan memintanya untuk mengenakan masker sebagaimana mestinya, sementara bagi pengguna jalan yang kedapatan tidak membawa masker, petugas mengenakan beberapa sanksi sosial.

Menurut lurah Biring Romang, Idawati, selama 2 jam kegiatan berlangsung, terdapat sekurangnya 36 orang yang kedapatan tidak membawa masker yang pada umumnya pengendara kendaraan roda 2.

“Bagi mereka yang kita dapati tidak membawa masker, mereka kita berikan edukasi serta sanksi diantaranya menghafal teks Pancasila, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, sementara ada beberapa diantaranya yang tidak mampu melakukan hal tersebut, khususnya pria dan masih muda kita berikan sanksi Push Up,” terang Idawati.

Selain itu lanjut Ida, Tim juga melakukan rapid test secara acak kepada 6 orang pelanggar, dengan hasil 3 orang diantaranya dinyatakan reaktif.


“Dalam kegiatan ini secara acak dibantu pihak Puskesmas Bangkala, juga dilaksnakan rapid test kepada 6 orang. Adapun hasilnya 3 diantaranya dinyatakan reaktif, selanjutnya kepada mereka yang dinyatakan reaktif disarankan untuk Isolasi mandisi dan akan dikordinasikan oleh pihak Puskesmas dengan kelurahan domisili masing-masing,” lanjut Ida.

Nampak turut serta dalam kegiatan tersebut, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi, Babinsa Biring Romang, Serma Syahrullah beserta Babinsa Manggala dan Antang, Kasi Pemerintahan, Andi Muh Yahya, 2 orang perwakilan Puskesmas Bangkala, beberapa personil Satpol PP Kecamatan Manggala, serta staf kelurahan Biring Romang, Ilyas dan Musawir. (464Ys)