PEKAN ke-2 di tahun baru, Indonesia dilanda beragam bencana. Mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182, hingga banjir yang memaksa 112 ribu warga mengungsi.

Pekan ke-2 di Tahun Baru, Indonesia Dilanda Beragam Bencana
Korban Sriwijaya Air SJ-182. (Foto: Juni Kriswanto / AFP)

1. Jenazah penumpang yang sudah teridentifikasi dari pesawat SJ182, Fadly Satrianto, seorang co-pilot pesawat Nam Air dikebumikan di kediamannya di Surabaya, Jawa Timur 15 Januari lalu. Di pesawat SJ182, Fadly terbang sebagai penumpang.

Gunung Semeru
Gunung Semeru. (Foto: Agus Rianto / AFP)

2. Gunung Semeru erupsi Sabtu sore 15 Januari 2021. Gunung berapi lainnya seperti Gunung Merapi dan Gunung Sinabung juga mulai menunjukkan peningkatan aktivitas. Indonesia memiliki hampir 130 gunung berapi aktif.

Gempa Sulbar
Gempa Sulbar

3. Sedikitnya 78 orang tewas akibat gempa 6,2 skala richter yang melanda Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat, Jumat 14 Januari 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa di Sulawesi Barat, adalah gempa ulangan 1969 akibat Mamuju Thrust yang masih sangat aktif.

Banjir Kalimantan Selatan
Banjir Kalimantan Selatan. (Foto: BPNB via AFP)

4. BNPB laporkan setidaknya 27.111 rumah di 7 Kabupaten terendam banjir akibat hujan yang mengguyur Provinsi Kalimantan Selatan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir per tanggal 14 Januari 2021. BMKG memperkirakan intensitas hujan ringan ke sedang di Kalimantan Selatan hingga Februari mendatang. (*)