GM PLN UIW Sulselrabar
General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid menyerahkan langsung bantuan kepada korban gempa di Sulawesi Barat.

MAKASSAR—Penanganan masalah krusial dalam rangka menggapai solusi terbaik sangat dipengaruhi oleh penentu kebijakan. Kerja-kerja sukses para relawan PLN baik distribusi bantuan maupun penyalaan listrik karena kehadiran sosok yang tangguh dan sederhana Sang General Manager (GM).

Sosok itulah yang melekat pada diri Awaluddin Hafid. Hujan deras membuat tanah longsor akibat gempa menyelimuti permukaan jalan. Ratusan kendaraan termasuk roda 10, mereka antrian dua jalur berlawan arah di sepanjang Pegunungan Majene dan Mamuju.

Hal itulah juga yang menguji ketangguhan Sang GM menembus reruntuhan gempa dari puncak gunung turun berhamburan di atas jalan raya yang menelusuri lereng gunung sepanjang ratusan kilo meter.

Dibalik ketangguhan tersebut ada kesederhanaan yang mampu melahirkan kebersamaan antara pemimpin dan bawahan. Di tengah para relawan, Awaluddin Hafid  tidak menampakkan dirinya sebagai top leader alias GM PT. PLN UIW Sulselrabar, tapi Ia justru tampak layaknya seperti teman bagi para relawan.

Ia bersama para relawan duduk di atas tanah beralaskan karpet bekas, dan mencicipi hidangan makanan produksi dapur umum bentukan relawan. Sosok kesederhanaannya mampu memotivasi para relawan untuk saling bahu membahu guna membantu para korban bencana alam.

Awaluddin Hafid menangani pendistribusian bantuan bencana secara elegan. Ia memaparkan bahwa dalam mendistribusikan bantuan harus dalam cara teratur dan aman.

“Jika situasinya cenderung berebutan para penerima maka sebaiknya diserahkan ke pihak yang lebih berkompeten terkait keamanan untuk membagikan bantuan tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, yang paling diutamakan  adalah penyerahan bantuan tepat sasaran, walau penyerahannya tampak cukup sederhana. Dalam kondisi darurat, Awaluddin masih menyempatkan diri menyerahkan langsung batuan kepada hanya dua KK korban bencana. (*)