Beranda ยป Sulsel ยป Pemprov Desak BPJS Selesaikan Klaim RS
Pemprov Desak BPJS Selesaikan Klaim RS
Sulsel

Pemprov Desak BPJS Selesaikan Klaim RS

Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, mendesak badan penyelenggaran jaminan sosial (BPJS) Kesehatan untuk segera membayar klaim rumah sakit (RS) yang ada di Sulsel.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan, hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Ambon dan Sulsel, klaim untuk pembayaran rumah sakit ke BPJS Kesehatan belum dibayar.

“Hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Sulsel, klaim untuk pembayaran rumah sakit ke BPJS Kesehatan belum dibayar, dimana total untuk di Sulsel sekitar 400 milyar rupiah, Ungkap Bachtiar pada acara Pertemuan koordinasi dalam rangka Peningkatan implementasi kualitas penjaminan mamfaat dan sisten pembayaran di FKRTL se-provinsi Sulsel,di Hotel Claro, Rabu (6-2-19).

“BPJS Kesehatan harus segera menyelesaikan pembayaran klaim rumah sakit paling lambat bulan Maret, Pungkasnya.

Bachtiar lebih jauh mengatakan Pertemuan ini dilakukan agar BPJS Kesehatan memberi kepastian pembayaran klaim rumah sakit, termasuk pola pembayaran, dimana Rumah Sakit menginginkan pihak BPJS saja yang berhutang ke Bank.

“Makanya saya mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan baik rumah sakit,maupun pihak BPJS supaya ada penyelesaiaan dalam masalah ini, Lanjutnya.

“saya juga telah meminta Wakil gubernur Sulsel, yang juga hadir dalam Acara ini,untuk mempresur hingga ke presiden republik indonesia, karena kalau di Kementrian Kesehatan tidak bisa karena selevel dengan BPJS, sehingga diharapkan segera ada pembayaran, Tegasnya.

Sementara Itu Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman mengatakan,melalui pertemuan ini, paling tidak menjadi langkah mendapatkan solusi atas permasalahan yan ada.

“BPJS Kesehatan yang merupakan lembaga vertikal, paling tidak harus bersama-sama mencari solusi dan skema yang bisa dilakukan,melalui masukan-masukan yang didapatkan, Imbuhnya.

“Laporan yang ada,klaim yang belum dibayarkan sejak bulan agustus, september,untuk beberapa rumah sakit, dan seluruh masukan yang ada, akan diteruskan kepusat,Pungkasnya.