Beranda » Sulsel » Peserta Susulan Minim, UNBK Sulsel Sukses
Peserta Susulan Minim, UNBK Sulsel Sukses
Sulsel

Peserta Susulan Minim, UNBK Sulsel Sukses

MAKASSAR — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK, SMA, dan MA 2019 Sulsel di bawah kendali Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.
Saat ini tahapan-tahapan proses UNBK terlaksana sesuai time schedule yang ditetapkan Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN).

Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengungkapkan, saat ini peserta didik sementara menjalani ujian susulan sebanyak 804 siswa. Jumlah itu berasal dari SMK sebanyak 323 dan tingkat SMA sebanyak 486 siswa. Dan dibandingkan tahun sebelumnya jumlah peserta UNBK susulan mencapai ribuan.
“Persentase yang ikut ujian susulan kali ini mengalami penurunan. Ini juga menunjukkan indikator seluruh rangkaian Prosedur operasional standar Ujian Nasional terlaksana dengan baik. Anak didik mengikuti ujian susulan karena sebelumnya tidak hadir dikarenakan sakit dan beberapa sebab lainnya,” kata Irman.

Mantan penjabat Bupati Lutim ini juga mengatakan, berjalannya UNBK tahun ini tak lepas dari peran seluruh stakeholder
Pendidikan berkerja optimal.

“Alhamdulillah semua berjalan baik. Kami juga berterima kasih kepada pihak pemerintah pusat memberikan segenap atensi terlaksananya agenda Disdik Sulsel berjalan dengan lancar, ” tuturnya.

Irman, usai ujian susulan tingkat SMK, SMA MA dan paket kesetaraan program paket C, pelaksanaan UNBK dilanjutkan tingkat SMP/MTs yang dijadwalkan mulai tanggal 22 hingga 25 April 2019. Adapun UNBK susulan tingkat SMP, MTs tanggal 29-30 April 2019.
“Usai proses ini maka dilakukan tahapan pengumpulan dan pengolahan hasil UNBK, yang selanjutnya dilakukan skoring dan analisis kemudian dilakukan pengumuman pada tanggal yang telah ditetapkan,” jelas mantan Kadisperindag Sulsel itu.
Adapun kriteria pencapaian kompetensi lulusan berdasarkan UN yang dilaporkan dalam rentang 0 hingga 100 dengan kategori, nilai sangat baik diatas 85, nilai baik jika diatas 70 dan cukup bila diatas 55. ( *)