Polsekta Manggala Ungkap Peredaran Rokok Palsu

0
31163

MAKASSAR – Aparat Polsekta Manggala, kota Makassar, Kamis (8/3) sekitar jam 23.00 Wita berhasil mengungkap dan menggagalkan peredaran rokok palsu merk Sampoerna di RT. 5, RW. 3, Kelurahan Biring Romang.

Menurut Bhabinkamtibmas Kelurahan Biring Romang, Polsekta Manggala, Aiptu Asmar, pengungkapan tersebut berawal dari laporan ketua ORW. 03. kelurahan Biring Romang, bahwa terjadi keributan terkait penipuan penjualan rokok Sampoerna di wilayahnya.

Lebih lanjut menurut Aiptu Asmar, kejadian bermula ketika sekitar jam 20.00 Wita, datang 2 orang sales yang mengaku dari PT. HM Sampoerna, menawaran rokok Sampurna A Mild, kepada pemilik warung yang ada di Jl. Borong Jambu III, Stp. 5, ORT. 5, ORW. 5 kelurahan Biring Romang, Imam.

Imam yang kebetulan sedang membutuhkan stok rokok tersebut, membeli 10 pak yang masing-masing berisi 10 bungkus rokok Sampoerna A Mild 16 batang, dan 4 pak yang berisi mading-masing 10 bungkus Sampoerna A Mild 10 batang seharga Rp. 2.500.000,-.

Tak lama berselang, lanjut Aiptu Asmar, datang pembeli rokok, dari pembelian itu munculah dugaan, bahwa rokok tersebut palsu, dan langsung dikembalikan oleh pembeli ke warung tersebut.

Sementara itu menurut Ketua RW. 03, kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Herman Mannang, setelah mengetahui rokok yang dibeli palsu, Imam segera menghubungi sales penjual untuk meminta kembali ke warungnya.

Tidak lama berselang, salah seorang sales kembali ke warungnya, guna mengambil rokok tersebut dan mengembalikan uang milik Imam sebesar Rp. 2.500.000,-, namun karena diteriaki Penipu oleh warga, pelaku langsung melarikan diri dengan meninggalkan motor Honda Beat DD 6653 LO yang dikendarainya.

Berdasarkan pengamatan mediasulsel.com di lokasi kejadian, setelah diamati terlihat jelas perbedaan rokok aspal ini diantaranya kemasan luar merupakan kemasan bekas, pita cukai dengan hologram bergambar hati yang dicetak print karena gambar dapat hilang ketika terkena air.

Selain itu, batang rokok terlihat tidak tergulung padat dan tidak rapi, kertas penggulung tipis, ujung depan nampak ada lem, rasanya yang tidak sesuai, dan rokok ketika dibakar langsung menyala layaknya membakar kertas.

Seluruh barang bukti berupa satu unit motor Honda Beat DD 6653 LO beserta ratusan bungkus rokok sampoerna aspal diamankan di Polsek Manggala Makassar. (Ald/Den/464ys)