Presiden Jokowi Resmikan 4 Venue untuk Asian Games 2018

 

JAKARTA  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 4 venue yang akan digunakan dalam Asian Games 2018. Keempat venue tersebut adalah lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan A/B/C, dan Stadion Renang (Aquatic) di kawasan Gelora Bung Karno, Sabtu (2/12).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menandatangani prasasti dan memukul bola hoki sebagai tanda peresmian lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan A/B/C di Gelora Bung Karno (GBK). Peresmian 3 venue dilakukan bersamaan di lapangan hoki, GBK. Selanjutnya, peresmian Stadion Renang (Aquatic) juga ditandai dengan penandatanganan prasasti di tempat yang berbeda yaitu di Stadion Renang (Aquatic).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan A/B/C di kawasan Gelora Bung Karno, siang hari ini, saya nyatakan diresmikan,” tutur Presiden Jokowi saat meresmikan 3 venue di kawasan GBK.

Prosesi yang cepat juga disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan venue aquatic. “Dengan mengucap syukur alhamdulillah, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan stadion renang (aquatic) GBK,” ujar Presiden.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan laporan saat peresmian
lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan A/B/C bahwa di seluruh kawasan GBK ada 13 venue yang direhabilitasi untuk persiapan Asian Games termasuk nanti juga wisma atlet yang ada di Kemayoran. Ia menambahkan bahwa dari 13 venue yang direnovasi, 4 venue sudah selesai dan akan diresmikan oleh Presiden.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan laporan saat peresmian lapangan hoki, lapangan panahan, dan lapangan A/B/C bahwa di seluruh kawasan GBK ada 13 venue yang direhabilitasi untuk persiapan Asian Games termasuk nanti juga wisma atlet yang ada di Kemayoran.

Ia menambahkan bahwa dari 13 venue yang direnovasi, 4 venue sudah selesai dan akan diresmikan oleh Presiden.

“Insya Allah pada siang hari ini yaitu venue aquatic kolam renang, hoki yang sekarang kita berada di sini, lapangan bola A/B/C dan lapangan panahan. 9 venue sisanya sedang dalam taraf penyelesaian, dan akan dapat diselesaikan pada akhir Desember 2017. Keempat venue yang diresmikan pada hari ini bertepatan dengan akan diselenggarakan tes event yaitu untuk aquatic pada tanggal 8 dan 9 Desember, dan hoki pada tanggal 9 sampai 17 Desember,” ujar Basuki.

Untuk yang 9 venues lainnya yang akan diresmikan atau diselesaikan pada Desember 2017, menurut Basuki, test event-nya akan dilakukan pada mulai bulan Februari 2018. Ia menambahkan bahwa semua schedule persiapan Asian Games dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.

“Perlu pula kami laporkan Bapak Presiden untuk keseluruhan rehabilitasi venues di GBK Jakarta, di Jakabaring Palembang, dan pembangunan 10 tower wisma atlet Kemayoran semuanya menelan anggaran 6,2 triliun. Yang akan kita resmikan pada siang hari ini 4 venues, total anggarannya adalah 370 miliar rupiah. Demikian laporan yang saya sampaikan,” pungkas Menteri PUPR akhiri laporannya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara ini diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkeu Sri Mulyani, Menpora Imam Nahrawi, Ketua INASGOC Erick Thohir, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.  [*/4ld]

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register