Beranda ยป Takalar ยป Rehab Gedung Puskesmas Galut Diduga Tak Sesuai Perencanaan
Rehab Gedung Puskesmas Galut Diduga Tak Sesuai Perencanaan
Takalar

Rehab Gedung Puskesmas Galut Diduga Tak Sesuai Perencanaan

TAKALAR, Rehab Bangunan Gedung Puskesmas Galesong Utara (Galut), Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, yang pembiayaannya bersumber pada Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 sebesar Rp. 1.970.580.000,- diduga tidak sesuai dengan perencanaan yang diusulkan oleh pihak Puskesmas Galut.

Berdasarkan info yang dihimpun mediasulsel di Puskesmas Galut, Sabtu (17/11) diperoleh data, bahwa sebenarnya yang diusulkan untuk dilakukan perbaikan atau rehab adalah bangunan rawat inap yang diketahui rusak berat, bukan bangunan yang saat ini dikerja.

Bahkan menurut salah satu staf Puskesmas Galut yang namanya hanya mau disebut dalam inisial H mengatakan, bahwa pihak Puskesmas juga tidak pernah tahu siapa yang bertindak sebagai pelaksana pembangunan dan bangunan yang dikerja tidak sesuai dengan gambar yang pernah dilihatnya.

Anggapan itu diperkuat oleh penyampaian pekerja bangunan, yang diketahui bernama dg.Nombong dan dg. Nado yang menurutnya memang dilakukan perubahan fisik bangunan karena bagian belakan gelap, sehingga dilakukan perubahan sebagaimana kondisi saat ini.

Ironisnya ketika mediasulsel mencoba mengkonfirmasi keberadaan bangunan tersebut, bagian Program Dinas Kesehatan Takalar, yang merupakan instansi induk dari Puskesmas Galut, juga mengaku tidak mengetahui hal ikwal bangunan tersebut, dengan alas an karena dirinya merupakan orang baru di bagian tersebut, sementara Kepala Dinas Kesehatan Takalar saat dikonfirmasi lewat telepon juga tidak menjawabnya.

Situasi serupa juga terjadi saat mediasulsel mencoba melakukan klarifikasi ke Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Takalar, PPK atas pekerjaan dimaksud, Dg. Naba, juga tidak ditemukan diruang kerjanya, bahkan hingga 4 kali kunjungan mediasulsel, kondisi serupa masih ditemukan, sementara nomor telepon genggam yang diberikan oleh salah satu stafnya, juga tidak aktif. (70n/464ys)