Sekolah Wirausaha Muda YESS Belajar Pengembangan Produk
Kelas YESS atau Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan yang diinisiasi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel didukung relawan konsultan PLUT terus berjalan. Pada pertemuan hari Sabtu-Ahad, 19-20 Juni 2021 siswa YESS difasilitasi materi seputar pengembangan produk. 

MAKASSAR—Kelas YESS atau Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan yang diinisiasi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel didukung relawan konsultan PLUT terus berjalan.

Pada pertemuan hari Sabtu-Ahad, 19-20 Juni 2021 siswa YESS difasilitasi materi seputar pengembangan produk.

Hadir fasilitator YESS antara lain Ahyar Muawwal, Bahrul ulum, Putra Handayani, Aly Anwar dan Ria Wahyuni.

Fasilitator YESS, Ahyar Muawwal mengatakan, pengembangan produk atau product development bagian dari materi YESS berupa serangkaian langkah yang mencakup pembuatan konsep, desain, pengembangan, dan pemasaran produk yang baru dibuat atau baru melakukan rebranding.

“Pada sesi ini kami menjelaskan pada siswa konsep produk mulai dari produk inti, produk aktual dan produk tambahan. Selanjutnya siswa ditantang mendesain produk melalui aplikasi canva dan Ibis Paint X yang merupakan aplikasi menggambar melalui HP,” kata Ahyar Muawwal, Minggu (20/6/2021).

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan, setelah selama kurang lebih dua bulan mendapatkan pelatihan rutin dari para mentor, trainer dan coach bisnis serta ditunjang dengan pendampingan secara intensif, maka seluruh peserta akan mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan.

“Setelah mendapatkan pelatihan selama kurang lebih dua bulan di kelas dengan menanamkan perilaku dan jiwa enterprenur, maka para siswa selanjutnya akan mengimplementasikanya dengan menciptakan produk dan menjualnya ke masyarakat,” ungkap Abdul Malik Faisal.

Sekolah Wirausaha Muda YESS Belajar Pengembangan Produk
Kelas YESS atau Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan yang diinisiasi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel didukung relawan konsultan PLUT terus berjalan.

Program sekolah wirausaha muda YESS berdurasi selama tiga bulan. Pada bulan pertama peserta akan diberikan motivasi dan perubahan mindset, di bulan ke dua peserta diberi kesempatan untuk menentukan produk yang akan diolah, dan di bulan ketiga peserta akan terjun kelapangan. (*)