SMPN 19 Makassar Belajar Menanam Ubi Kayu di Birma Edupark

SMPN 19 Makassar Belajar Menanam Ubi Kayu di Birma Edupark
Sebanyak 340 siswa-siswi SMPN 19 Makassar mengunjungi Lorong Wisata (longwis) Birma Edupark, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala Kota Makassar, Selasa (15/11/2022).

MAKASSAR—Setelah minggu sebelumnya menerima kunjungan SMP 17 Makassar, dalam 2 hari ini Senin-Selasa (14-15/11/2022) Lorong Wisata (longwis) Birma Edupark, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala Kota Makassar, kembali dikunjungi sejumlah siswa SMP untuk belajar berkebun di lokasinya.

Kali ini 340 siswa SMPN 19 Makassar yang datang untuk memperlajari bagaimana menanam, merawat hingga memanen ubi kayu sebelum dimanfaatkan menjadi bahan olahan atau makanan.

Menurut Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang, yang juga merupakan penanggung jawab pengelola Longwis Birma Edupark, Ambang Ardi Yunisworo, untuk efektifitas proses belajarnya 340 siswa tersebut dibagi menjadi 4 sesi dengan setiap harinya 2 sesi yang setiap sesi diikuti antara 60 hingga 70 orang siswa.

Sedangkan untuk memandu dan sekaligus bertindak sebagai instruktur dipercayakan kepada anggota Pengurus Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif LPM Biring Romang yang kebetulan juga merupakan Kepala BPP Barombong, Agus Suwarsono.

“Untuk efektifitas belajar sengaja kita atur menjadi 4 sesi selama 2 hari, setiap sesinya diikuti sekitar 60 hingga 70 siswa. Sementara instrukturnya kita serahkan ke salah satu pengurus LPM Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif yang juga merupakan Kepala BPP Barombong Pak Agus,” jelas Ambang.

Sementara itu menurut salah seorang guru SMP 19 yang turut mendampingi siswanya, Hj. Hartati, S.Pd, kegiatan tersebut merupakan rtangkaian pelaksanaan kegiatan kurikulum merdeka, dimana siswa bukan hanya belajar di dalam kelas, namun belajar langsung di Lapangan untuk dapat lebih jelas memahami materi yang diberikan.

Berita Lainnya

“Kegiatan ini merupakan pelaksanaan kurikulum merdeka, dimana siswa belajar langsung di lapangan. Mereka bukan hanya diberikan secara teori dan tentunya terima kasih kepada Birma Edupark yang dapat membimbing siswa kami secara runut dan jelas langsung dilapangan, sehingga mudah dimengerti,” tutur Hj. Hartati.

Lihat Juga:  Danny Pomanto Ajak KKSS Los Angeles Pulang Kampung September Nanti, Hadiri F8

Lebih lanjut Ambang menjelaskan, secara prinsipil pihaknya dalam hal ini Longwis Birma Edupark menerima secara terbuka siapa saja yang hendak datang di lokasi tersebut untuk belajar baik bercocok tanam, cara mengolah makanan ataupun minuman hingga belajar daur ulang plastik, tanpa dipungut biaya.

“Intinya kami wellcome siapa saja yang mau datang belajar di sini sesuai dengan kemampuan kami seperti cara menanam, mengolah bahkan yang mau belajar daur ulang plastik silahkan datang kemari, kami akan berikan secara gratis tanpa dipungut biaya,” pungkas Ambang. (51l)

SMPN 19 Makassar Belajar Menanam Ubi Kayu di Birma Edupark
Para siswa-siswi SMPN 19 Makassar mengunjungi Lorong Wisata (longwis) Birma Edupark, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala Kota Makassar, Selasa (15/11/2022).

Berita terkait