Sulsel Berhasil Tempati Peringkat Keenam Terbanyak Lulus SBMPTN
Provinsi Sulawesi Selatan sesuai rilis hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Senin (14/6/2021), menempati peringkat keenam terbanyak lulus SBMPTN.

MAKASSAR—Provinsi Sulawesi Selatan merilis hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Senin (14/6/2021), menempati peringkat keenam terbanyak lulus SBMPTN.

Dari 777.858 orang peserta SBMPTN, LTMPT meluluskan total 184.942 orang siswa alumni SMA/SMK/MA maupun sederajat yang dinyatakan lulus dan berkesempatan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SBMPTN 2021.

Dari Jumlah tersebut Provinsi Sulawesi Selatan berhasil menempatkan 9.372 orang lulus di PTN melalui jalur SBMPTN dan menempati peringkat ke enam sesuai data Top 8 Provinsi diterima tertinggi Jalur SBMPTN 2021.

Sulsel kalah bersaing dengan Jawa Timur sebagai peringkat pertama dengan 25.232 orang, disusul Jawa Barat di peringkat kedua dengan 18.899 orang lulus, Jawa Tengah pada peringkat ketiga dengan 16.104 orang sedangkan peringkat 4 dan 5 ditempati Sumatera Utara, 14.331 orang dan DKI Jakarta 9.526 orang.

Dibawah Sulawesi Sekatan terdapat Provinsi Sumatera Barat pada posisi ketujuh dengan tingkat kelulusan sebanyak 8.028 orang, disusul provinsi Aceh sebagai posisi terakhir di kelompok Top 8 yang meluluskan 6.888 orang.

Atas capaian tersebut, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi dan selamat kepada para pelajar yang diterima di PTN melalui jalur SBMPTN tahun ini, juga kepada Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri beserta jajarannya, bersama para Kepala Sekolah dan Guru Didik se Sulsel atas kerja kerasnya dalam memberikan pemahaman dan bimbingan kepada peserta didik sehingga dapat meraih peringkat ke-6 di Indonesia sebagai jumlah siswa diterima jalur SBMPTN 2021.

Ia pun terus mendorong terobosan dan inovasi dalam menciptakan generasi yang cerdas serta memiliki akhlak yang baik. “Mari terus melanjutkan terobosan dan kerja keras ini sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan menuju generasi cerdas dan handal ke depan, untuk mewujudkan generasi yang memiliki karakter akhlak, cerdas dan nasionalisme yang kuat untuk masa depan bangsa,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh kepala Cabang Dinas Pendidikan, Kepala UPT SMA/SMK/sederajat atas kerjasama dan dukungan Pemerintah Provinsi. Serta tidak terlepas dari dukungan para Rektor para Perguruan Tinggi Negeri sudah banyak membantu dinas pendidikan untuk melakukan sosialisasi.

“Dinas Pendidikan, akan terus berupaya dalam berinovasi dalam memperoleh hasil yang lebih baik dan mendorong pelajar agar banyak terserap di PTN,” Pungasnya. (*/2ip/464ys)