Tes Wawancara PPS Hari Terakhir, Muh. Alwi: Calon PPS yang Lulus dapat Berkomitmen bersama KPU Jeneponto

Tes Wawancara PPS Hari Terakhir, Muh. Alwi: Calon PPS yang Lulus Dapat Berkomitmen bersama KPU Jeneponto
Ketua KPU Jeneponto, Muh. Alwi sedang melakukan tes wawancara di Aula Kantor Camat Batang di zona 1. (Mediasulsel.com/Kaharuddin Kasim)

JENEPONTO—Hari terakhir pelaksanaan tes wawancara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto di 4 zona berjalan sukses.

Dari pantauan Mediasulsel.com, Selasa (17/1/2023), nampak ketua KPU Jeneponto, Muh. Alwi sedang melakukan tes wawancara di Aula Kantor Camat Batang di zona 1.

Tes wawancara melibatkan komponen penyelenggara pengawasan yaitu Bawaslu Kabupaten Jeneponto yang ikut mengawasi jalannya tes.

Ketua KPU Jeneponto, Muh. Alwi menyampaikan, zona 1 terdiri dari 4 Kecamatan yaitu, Rumbia, Batang, Tarowang, Arungkeke.

“Untuk hari ini, tinggal dua Kecamatan yang tersisa yaitu Tarowang dengan dua desa yakni Desa Tarowang dan Desa Tino, dan satunya lagi Kecamatan terdiri dari enam desa yakni Desa Bungeng, Kelurahan Togo-togo, Kelurahan Bontoraya, Desa Camba-camba, Maccini Baji, dan Desa Kaluku,” jelasnya.

Ketua KPU Jeneponto dua periode, Muh. Alwi memberikan apresiasi kepada peserta dengan antusiasme yang cukup tinggi dalam mengikuti tes wawancara calon PPS. Peserta datang lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan.

Berita Lainnya

Ia mengungkapkan, dalam tes wawancara ada beberapa hal menjadi muatan seperti pengalaman kepemiluan, komponen komitmen meliputi integritas, loyalitas, dan professionalisme, komponen pengetahuan kepemiluan.

“Pengetahuan kepemiluan bisa menyangkut teknis penyelenggaraan, kelembagaan penyelenggara, penguasaan wilayah administrasi, dan tata kelola pemilu. Dari sisi pengetahuan kepemiluan, rata-rata peserta memiliki kemampuan yang sama,” kata Muh. Alwi.

Dengan demikian, Ketua KPU Jeneponto, Muh. Alwi berharap kepada peserta yang nantinya lulus menjadi PPS untuk dapat melakukan komitmen bersama KPU Jeneponto.

“Harapan kita, agar PPS bisa berkomitmen bersama KPU dalam menyelenggarakan pemilihan umum ini, sehingga pemilu bisa berlangsung dengan sukses, aman, lancar, dan berintegritas. Tidak lepas juga dari kualitasnya itu sendiri,” harapnya.

Lihat Juga:  KPU Jeneponto Umumkan Perubahan Jadwal Pendaftaran PPS untuk Pemilu 2024

Selanjutnya, berdasarkan jadwal KPU Jeneponto, maka calon PPS yang dinyatakan lulus menjadi PPS, rencananya akan dilantik secara bersama-sama pada tanggal 24 Januari tahun 2023. (*)

Tes Wawancara PPS Hari Terakhir, Muh. Alwi: Calon PPS yang Lulus Dapat Berkomitmen bersama KPU Jeneponto
Pelaksanaan tes wawancara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto. (Mediasulsel.com/Kaharuddin Kasim)

Berita terkait