Beranda » Kesehatan » Tips Ampuh Mengatasi Uban Secara Alami
Kesehatan

Tips Ampuh Mengatasi Uban Secara Alami

HEALTH – Berubahnya warna rambut dari hitam menuju abu-abu hingga putih, merupakan hal yang jamak dialami oleh setiap manusia, utamanya mereka yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas, namun meski demikian, tidak sedikit mereka yang masih berusia belia (belum 40 tahun), telah mengalami berubahan warna rambut menuju putih.

Perubahan warna rambut, ternyata memang bukan hanya disebabkan oleh faktor umur belaka. Terlebih pada saat ini, dimana banyak orang yang kurang memperhatikan pola hidup sehat, acap kali membawa dampak yang signifikan terhadapp perubahan warna rambut tersebut.

Dari sejumlah artikel yang didapat oleh mediasulsel.com, setidaknya terdapat 4 hal yang membuat uban lebih cepat menghiasi kepala kita sebelum waktu normalnya. Keempat hal tersebut antara lain, Stres, faktor genetik, kekurangan vitamin dan kebiasaan merokok.

Stres berkepanjangan seperti ketidaknyamanan yang membuat otak dan mental tertekan, membuat rambut kesulitan memproduksi pigmen alami pewarna rambut. Untuk itu segera atur istirahat kondisi Anda sedemikian rupa, sehingga sel melanosit dapat dengan mudah memproduksi melanin yang dapat mencukupi kebutuhan dalam mewarnai rambut.

Faktor Genetik atau faktor bawaan atau keturunan yang kita bawa dari lahir tentu memiliki risiko yang sulit dihindari terhadap tumbuhnya uban lebih cepat. Untuk masalah ini memang akan sangat sulit kita hadapi, kecuali dengan terus berusaha menjaga asupan vitamin dalam tubuh kita, dengan harapan produksi melanin bisa berubah normal dalam mempengaruhi pigmen pewarna rambut kita.

Kekurangan Vitamin, kekuranganvitamin yang dimaksud di sini adalah vitamin yang harian Anda yang memiliki pengaruh besar terhadap pigmen rambut, yaitu vitamin B12, olehnya itu kita harus menjaga kebutuhan vitamin B12 agar dapat membantu kesehatan rambut dari sejumlah masalah.

Kebiasaan Merokok, kebiasaan merokok yang terlalu dini, sangat mempengaruhi terhadap risiko tumbuhnya uban terlalu cepat, sejumlah studi mengatakan, bahwa merokok dapat meningkatkan risiko tumbuhnya uban 4 kali lebih cepat dibanduing tidak merokok.

Selain itu agar rambut tetap terjaga kesehatannya, sebaiknya Anda hindarkan hal-hal antara lain; Pemakaian shampo, minyak rambut (gel, wax, dsb) dan produk lain untuk rambut yang berlebihan, bergonta-ganti merk Shampo, mengkonsumsi makanan cepat saji, kopi, rokok dan minuman beralkohol secara berlebihan, melakukan rebonding dan mencabut uban.

Sementara itu beberapa hal yang diyakini dapat diterapkan dalam menekan tumbuhnya uban yang terlalu cepat antara lain; Cukup tidur dan senantiasa mengatur irama istirahat di saat melaksanakan pekerjaan berat, minum air putih yang cukup, minimal 2 liter perhari, olah raga yang rutin, senantiasa menjaga kebugaran otak dengan refresing atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga dan kerabat, serta merawat rambut secara teratur.

Namun jika uban sudah terlanjur tumbuh, cobalah beberapa cara berikut, barang kali bisa cocok dengan diri Anda, yang tentu saja harus diimbangi dengan konsultasi kepada dokter.

Lemon dan Minyak Kelapa, kedua bahan alami ini konon mampu meningkatkan produksi melamin dan dapat menghitamkan rambut serta mencegah tumbuhnya uban.

Campurkan air lemon dan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga rata, lalu usapkan campuran kedua bahan tersebut pada kulit rambut serta lakukan pijatan-pijatan ringan di kepala Anda, kemudian diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih .

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan Biji Pepaya untuk menghilangkan uban yang telanjur tumbuh di kepala Anda dengan cara, Cuci bersih biji pepaya yang telah Anda sisihkan lalu sangrai menggunakan penggorengan dengan api standar (jangan terlalu besar) hingga masak.

Setelah masak, tumbuk biji pepaya tersebut hingga halus, campurkan dengan minyak kelapa secukupnya hingga rata, kemudian usapkan ke rambut Anda secara merata, lalu balut kepala Anda menggunakan handuk atau Shower cup selama 2 jam, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara ketiga yang bisa kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan perasan daun rambutan yang sudah ditumbuk halus, cara ini cukup mudah dan bahkan sangat murah, serta tidak terlalu rumit, yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun rambutan yang masih hijau, kemudian cuci dan bersihkan lalu tumbuk hingga bersih dan halus.

Tuangkan sedikit air ke dalam tumbukan daun tersebut, lalu peras tumbukan daun rambutan tersebut menggunakan kain bersih, lalu oleskan hasil perasan tersebut ke rambut Anda, dan diamkan selam 30 menit, lalu bilas kembali hingga bersih.

Untuk hasil maksimal, lakukan salah satu dari ketiga perawatan di atas secara rutin 2 -3 kali dalam seminggu, namun jika terjadi efek usai pemakaian, sebaiknya segera hentikan dan komunikasikan dengan dokter Anda, selamat mencoba. (464ys)