MAKASSAR –Atas kerjasama antara Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) dengan Kelurahan dan aparat TNI l,akhirnya berhasil membersihkan
Sungai Balangturungan yang berada di Kecamatan Bhiringkanaya, Kota Makassar.

Pembersihan dilakukan dengan menggunakan Sejumlah alat berat untuk mengangkat enceng gondok di permukaan Sungai Balangturungan. Diantaranya adalah ekskavator darat dan ekskavator amfibi agar dapat mengangkut tanaman air yang berada di tengah sungai itu.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi atas gerak cepat dalam menangani Sungai Balangturungan ini.

Orang Nomor dua disulsel ini menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang melakukan gerakan cepat membersihkan Sungai Balangturungan yang merupakan bagian penangulangan banjir.

“Terima kasih Bapak Adenan Rasyid, selaku Kepala BBWS-PJ bersama Danramil dan Lurah atas gercepya sebagai bagian dari operasi rutin penanggulangan dampak banjir di Makassar,sehingga kini Sungai Balangturungan sudah bersih dari tanaman eceng gondok,”ungkapnya.(26/12).

Diketahui, sebelumnya beredar postingan dari salah satu akun medsos Instagram @info_kejadian_makassar pada 4 hari lalu. Dalam video itu, terlihat kondisi Sungai Balangturungan yang mengalami sedimentasi dan permukaannya dipenuhi tanaman enceng gondok sehingga menghambat aliran air.

Sungai Balangturungan sendiri memang menjadi saluran utama yang mengalirkan air dari sejumlah kelurahan yang berada di Kecamatan Bhiringkanaya ke laut. [*]