MAKASSAR – Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) merupakan beasiswa yang dibiayai oleh Kementerian Agama yang rutin ditawarkan setiap tahunnya kepada santri berprestasi untuk melanjutkan studi Sarjana dan Profesi pada Perguruan Tinggi sebagai bantuan kuliah.

Untuk lolos mendapatkan beasiswa ini, selain harus melewati proses yang sangat ketat dan kuota yang disediakan sedikit, calon penerima beasiswa juga harus bersaing dengan ratusan ribu santri se-Indonesia.

Salah seorang santri yang beruntung yakni, Zelvira seorang perempuan yang berasal dari bone berhasil mendapatkan beasiswa PBSB ini.

Zelvira lolos pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, kerja kerasnya kini tidak sia-sia, selain itu dukungan dan doa orang tuanya juga sangat berpengaruh terhadap kelulusannya .

“Sebenarnya untuk kerja keras tiak terlalu berpengaruh, namun yang paling berpengaruh itu doa orang tua dan keluarga.” Ungkap Zelvira, Jumat (29/11).

Selain itu, Zelvira berharap kedepan ia akan fokus belajar karena beban biaya kuliah tidak lagi menjadi persoalan.

“Saya akan fokus kuliah, semuanya sudah dibiayai oleh Pemerintah, saya harus memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

PBSB merupakan salah satu beasiswa yang bergengsi dan sangat diminati oleh santri yang ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang perkuliahan, namun harus bersaing dengan banyaknya santri di Indonesia .

Kiriman: Cityzen Jounalism – Mujahidin Nur