526 Mahasiswa UMI ikut KKN Tematik di Pangkep
Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana menyampaikan sambutan dihadapan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang mengikuti KKN Tematik. (foto: saharuddin)

PANGKEP – Penerapan Universitas Membangun Desa (UMD) yang dicanamkan Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, pekan lalu kini sudah mulai dijabarkan.

Sebanyak 526 orang mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengikuti KKN Tematik yang menjadi salah satu point penjabarannya.

Penerimaan mahasiswa KKN tematik angkatan 63 UMI dilakukan pada Selasa (16/7/2019), di ruang pola kantor Bupati.

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, saat menyampaikan sambutan penerimaan dihadapan mahasiswa mengatakan menyambut baik program ini.

Ia berharap, agar mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik ini, memberikan keterampilan dan ilmunya kepada masyarakat setempat agar dapat ditularkan dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi di wilayah tersebut.

Ia juga menambahkan sebanyak 17 perguruan tinggi yang ada di Indonesia beberapa waktu lalu telah menandatangani kerjasama KKN Tematik bersama Pemkab Pangkep.

Sebelumnya Unhas juga telah mengirimkan mahasiswanya, kini UMI menyusul dan akan ditempatkan pada 6 titik kecamatan salah satunya wilayah kepulauan di kecamatan Liukang Tupabiring Utara akan menjadi lokasi KKN.

Syahban juga berharap camat yang lokasinya ditempati KKN agar dapat mempersiapkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa serta membantu program yang dilaksanakan di wilayahnya.

KKN Tematik ini sangat berguna dan lebih terarah, karena penempatannya sesuai dengan yang dihadapi atau sesuai dengan jurusan yang digeluti oleh mahasiswa.

Mengenai kemiskinan dan kesehatan kata Syahban, merupakan indikator yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan di suatu wilayah. Termasuk fasilitas listrik, air bersih dan komunikasi serta transportasi. Hal itu banyak ditemui di wilayah kepulauan dan pesisir. [shr]