Prof Basri Modding, Rektor UMI Makassar.
Prof Basri Modding, Rektor UMI Makassar. (foto: dok)

MAKASSAR – Universitas Muslim Indonesia (UMI) mampu memperlihatkan eksistensinya sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia dan diminati masyarakat. Terbukti dengan banyaknya jumlah pendaftar calon mahasiswa baru (camaba) tahun 2019, yang mencapai 10.168 orang.

Rektor UMI Basri Modding mengatakan, pendaftar calon mahasiswa baru di UMI dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 ini, naik 30 persen dari sebelumnya hanya sekitar 9.000 peserta naik menjadi 10.168 peserta.

“Pendaftar calon mahasiswa baru di UMI tahun 2019 sekitar 10.168. Peserta, meningkat sekitar 30 persen dari tahun lalu. Dan pada hari ini yang 53 persen melakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK),” terang Basri Modding, Senin (15/7/2019).

“UMI merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang melakukan UTBK. Pada tahun 2020 mendatang setelah melakukan kerjasama dengan lembaga tes masuk perguruan tinggi, maka sistem UTBK akan terus diterapkan,” ujarnya.

Fakultas yang paling diminati calon mahasiswa baru yaitu Fakultas kedokteran, hukum, ekonomi, teknik, farmasi, teknologi industri, sastra, ilmu komputer, kesehatan masyarakat, pertanian, serta perikanan.

Basri Modding lebih jauh mengatakan, sebagai bentuk pertimbangan sarana dan prasarana,maka jumlah calon mahasiswa baru yang akan diterima hanya sekitar 5.000 orang.

“Kita tetap mengedepankan dan melihat kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki UMI. Sehingga hanya menerima sekitar 5.000 mahasiswa, sehingga betul-betul menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berkualitas,” paparnya.

“Pihaknya saat ini masih mempertimbangkan adanya penerimaan calon mahasiswa baru untuk gelombang kedua, mengingat tingginya minat masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke UMI,” pungkas Basri Modding. (*)