Beranda » Sulsel » Adik Bupati Jeneponto Dicopot sebagai Kadishub Sulsel
Adik Bupati Jeneponto Dicopot sebagai Kadishub Sulsel
Sulsel

Adik Bupati Jeneponto Dicopot sebagai Kadishub Sulsel

MAKASSAR – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel akhirnya mengeluarkan surat penonaktifan kepada Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar.

Pencopotan Ilyas dari jabatannya setelah Inspektorat Sulsel menemukan tindak gratifikasi yang dilakukan jajaran Dinas Perhubungan Sulsel melalui biaya plat kuning.

“Pencopotan ini setelah ada LHP Inspektorat bahwa beliau melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tak bisa ditolerir,” ujar Kepala BKD Sulsel Asri Sahrun, Jumat (19/7/2019).

Menurut Asri, SK penonaktifan Ilyas sudah diterima langsung. Ilyas Iskandar saat dikonfirmasi belum bisa memberikan komentar kepada media. Diketahui Ilyas adalah adik kandung Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Sementara itu, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengatakan bahwa ia telah mendapatkan laporan dari Inspektorat terkait temuan gratifikasi di OPD yang dipimpin Ilyas. “LHP-nya sudah ada,” katanya.

Nurdin mengungkapkan bahwa Kadishub Sulsel Ilyas Iskandar memang mengakui bahwa terjadi pungutan liar di intansinya. Pungli tersebut dilakukan kepala bidang lalu lintas.

“Ini sudah dalam bentuk LHP, LHP itu tidak muncul rekayasa. Pak kadis juga mengaku kepada saya bahwa pungutan itu benar, dan itu di lakukan oleh kepala bidang lalulintas,” katanya.

Nurdin mengatakan ia juga telah menyampaikan kepada bupati Jeneponto, sebelum dilakukan pencopotan kepada Ilyas. “Kita sudah sampaikan ke Pak Bupati kondisi sekarang, dan beliau (Bupati) legowo,” katanya.  [*]