Aliansi Santri NU Makassar, Kecam Pemecatan Kiai Afif dari Dekan FAI UIM

Pelantikan pejabat struktural dalam lingkup Universitas Islam Makassar.
Pelantikan pejabat struktural dalam lingkup Universitas Islam Makassar.

MAKASSAR—Aliansi santri NU Makassar mengecam pemecatan secara sepihak oleh Rektor UIM Majdah M. Zain terhadap Kiai Afifuddin Harisah sebagai dekan (Fakultas Agama Islam) FAI UIM.

“Apa yang dilakukan Rektor UIM adalah merusak nama baik Kiai Afif. Beliau bukan hanya pimpinan pondok pesantren terbesar di Makassar, beliau juga Ketua Rabithah Ma’had Islamiyah (RMI) NU, dan Ketua Forum komunikasi pondok pesantren se-Sulawesi Selatan,” ujar koordinator Aliansi Santri NU Kota Makassar, Zulkarnain Arif.

Dikatakan, pemecatan yang dilakukan merusak nama baik kiai, pemecatan itu atas dasar apa?” “Apakah beliau korupsi uang UIM? Atau berbuat asusila? Ini yang tidak jelas dan tiba-tiba dipecat dan dilakukan pelantikan hari ini penuh dengan tanda tanya,” tegasnya Zul.

UIM itu kampus NU, tapi anak-anak intelektual muda NU tidak ada ruang di UIM. “Malah yang diberi ruang adalah orang-orang pragmatis dan penjilat yang tidak jelas kaderisasinya di NU,” terangnya

Menuntut transparansi kebijakan dan keuangan dlm pengelolaan UIM. “Karena kebijakan yang tidak terang, dibelakangnya seringkali ada penyelewengan keuangan,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya meminta kepada Ketua Umum PBNU untuk mengaudit UIM secara keseluruhan. “Bukan hanya persoalan akademik, keuangan tapi secara ideologi, yang seharusnya sebagai kampus NU memberikan manfaat bagi NU secara menyeluruh,” pungkas. (*)

Berita Lainnya

Berita Terkait