GOWA – Anggota PKK Desa Je’ne Madinging, kecamatan Pallangga, kabupaten Gowa, mengikuti lomba memasak Makanan Sehat Keluarga Cegah Penyakit Tidak Menular Berbasis Pangan Lokal, di rumah Kepala Desa, Sabtu (26/10/2019).

Dalam kegiatan yang digelar Tim Bina Desa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini, diikuti 4 tim ibu-ibu anggota PKK yang berasal dari 4 dusun yang ada di Desa Je’ne Madinging, yaitu dusun Macinna, Dusun Bangkala, Dusun Embung, dan Dusun Ba’do-Ba’do, dengan jumlah peserta mencapai 21 orang.

Sebelum mulai perlombaan, terlebih dahulu Tim Bina Desa FKM Unhas yang terdiri dari St. Ainul Rachmadani, Deby Karmila Musakkar, Eka Patricia, Nurhalisah, dan Muh. Irham Noer, serta Muhammad Rachmat, SKM, M.Kes, selaku dosen pendamping, terlebih dahulu membagikan celemek, serta memberikan arahan tentang kriteria makanan sehat yang dapat mencegah penyakit tidak menular seperti makanan rendah garam, rendah lemak (minyak) dan tanpa penggunaan penyedap rasa MSG.

Dalam kegiatan yang merupakan rangkaian acara Program Bina Desa Mahasiswa yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin ini, diselenggarakan mulai jam 09.00 hingga 13,00 Wita, diakhiri dengan pembagian hadiah ke seluruh tim setelah dilakukan penilaian dengan kriteria penilaian masakan yaitu presentasi tim, cita rasa, tekstur, dan kreativitas penyajian.

Perlombaan masak menu makanan sehat ini disambut antusias oleh ibu-ibu di Desa Je’ne Madinging. “Bagus ini kegiatan karena barusan ada lomba begini, belum pi pernah ada lomba masak-masak selain ini,” ungkap istri Kepala Desa Je’ne Madinging. (*/464Ys)