Kajian rutin bersama ustadz KH. Dr. Abbas Baco Miro, Lc. MA, pada Jumat (16/10/2020).

MAKASSAR – Para penghuni dan pengelola Asrama Mahasiswa KH Djamaluddin Amien (Asmadina) Unismuh Makassar, kembali menggelar kajian rutin bersama ustadz KH. Dr. Abbas Baco Miro, Lc. MA, pada Jumat (16/10/2020).

Demikian ditegaskan, Kepala Pengelola Asmadina Unismuh Makassar, Sitti Chaerani Jaya, S.Sos kepada media Jumat, (16/10/2020).

Dijelaskan, pengajian rutin secara virtual via zoom ini bertujuan menambah wawasan keilmuwan bertempat di Mini Hall Rusunawa A Asmadina Unismuh Makassar.

Pembawa materi kajian Abbas  Baco Miro adalah Sekretaris Majelis Tarjih dan Takjdid Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel dan Ketua Prodi S1 Komunikasi Penyiaran Islam FAI Unismuh Makassar.

Tujuan khusus Asmadina Unismuh Makassar,  adalah untuk mencetak generasi Muhammadiyah seiring tujuan Muhammadiyah yaitu terbentuknya generasi muda Islam yang berahlak mulia, tegas Chaerani.

Bentuk pembinaan penghuni Asmadina sudah ada dalam kurikulum karena asrama ini dibawah pengelolaan resmi.

Mempunyai standar kurikulum berasal dari Majelis Diklitbang Muhammadiyah menaungi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan memiliki Asosiasi bernama Asosiasi Pengelolah Asrama Perguruan Tinggi Muhammadiyah’ Aisyiyah, bernama ASLAMAH, katanya.

Pengelolaan asrama ini dan fungsinya, mengkoordinir, asrama mahasiswa untuk seluruh PTM dan PTA.

Isi dalam kurikulum tidak jauh dalam kehidupan sehari-hari yaitu bagaimana salat berjamaah salat tepat waktu serta kultum dan pembinaan rutin dan pembinaan bahasa pembinaan ahlak, ungkapnya.

“Materinya ada dua macam di samping diberikan dari dalam oleh pembina terdapat pula dari pembinaan luar dan tidak ada kegiataan di luar asrama,  kecuali ada kegiatan khusus mengharuskan anak-anak untuk ikut”, ungkap Chaerani. (ulla/yahya/cr/shar)