Babul Hasanah Tellang Mappesaangka Bone Hadirkan Perkampungan Al-Quran
Babul Hasanah Tellang Mappesaangka Bone Hadirkan Perkampungan Al-Quran

BONE—Perkampungan Al-Qur’an jadi solusi membumikan Al-Qur’an. Kini di Dusun Tellang Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone sedang membangun Kampung Al-Qur’an yang di gagas oleh putra desa setempat.

Babul Hasanah Tellang berdiri pada 19 Juli 2020,  didirikan oleh Ansar, S.Pd dan pembina yaitu Arham, Lc. Babul Hasanah Tellang atau biasa di sebut dengan Kampung Al-Qur’an merupakan perkampungan Al-Qur’an yang kini jumlah santrinya 62 santri.

Babul Hasanah Tellang bertempat di Dusun Tellang Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Para santri merupakan anak-anak yang berada di Dusun Tellang Desa Mappesangka dan rata-rata dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA/SMK.

Mewujudkan kampung religi, Arham,Lc selaku Pembina Babul Hasanah Tellang mengupayakan untuk mendidik anak-anak kampung di desa Mappesangka untuk mensyiarkan Al-Qur’an.

Adapun jadwal menghafal santri yaitu Senin sampai Sabtu, waktu  Magrib-Isya,  dan pada hari Ahad di khususkan Tahfidz Weekend pukul 08:00 pagi melakukan salat duha.

Setelah itu pembina memberikan motivasi  dan nasehat Qur’aniyyah atau ceramah tentang Al-Qur’an. Dilanjutkan para santri menghafal dan menyetor hafalan kepada pembina.

Kampung Al-Qur’an kita fungsikan sebagai tempat belajar anak-anak dan setiap Ahad para santri melakukan kegiatan Tahfidz Weekend, ungkap Arham, Lc.

Beberapa santri telah menyelesaikan hafalan Juz 30 diantaranya Fadil Afriansyah, Ahmad Danil, Dimas Saputra, Dewi Januati, Lisdamayanti, Andini Mutiara, Meli Adinda, Aurel Meilani, Musmail, Nur Azisah, Serliati, Tasyah, Annisa.

Kehadiran kampung Al-Qur’an kami berharap agar anak-anak di desa Mappesangka semakin mengenal betapa pentingnya dekat dengan Al-Qur’an, mensyiarkan Al-Qur’an dan menjadikan para santri sebagai penghafal Al-Qur’an, ungkap Arham, Lc. (*)