Beranda Β» Peristiwa Β» Banjir Bandang Dekat Laut Mati Menewaskan 18 Orang Siswa
Banjir Bandang Dekat Laut Mati Menewaskan 18 Orang Siswa
Warga dan kerabat korban banjir bandang berkumpul di luar sebuah rumah sakit di dekat Laut Mati di Yordania, 25 Oktober 2018.
Dunia Peristiwa

Banjir Bandang Dekat Laut Mati Menewaskan 18 Orang Siswa

DUNIA – Sedikitnya 18 orang siswa sekolah menengah tewas dan 35 lainnya cedera dalam banjir bandang yang melanda rombongan siswa dan guru-guru yang berkunjung ke sebuah sumber air panas di dekat Laut Mati, Kamis (25/10/2018) kemarin.

Kantor berita Associated Press melaporkan sejumlahsiswa terbawa arus deras sejauh beberapa kilometer.

Pejabat pertahanan sipil Israel Farid al-Sharaa mengatakan, sebagian siswa selamat dengan berpegang kuat-kuat pada batu-batu karang.

Operasi penyelamatan dilakukan dengan menggunakan helikopter dan penyelam berlangsung sepanjang malam, kata militer Israel. Operasi Israel itu dilakukan atas permintaan pemerintah Yordania.

Kata Al-Sharaa, 37 orang siswa sekolah menengah, tujuh orang guru dan beberapa pengunjung lain sedang berada di sumber air panas itu dekat Laut Mati itu pada Kamis sore, ketika banjir tiba-tiba melanda.

Arus yang sangat deras menghanyutkan beberapa siswa empat sampai lima km, bahkan ada yang terbawa sampai ke Laut Mati, kata Al-Sharaa.

Kawasan Laut Mati yang rendah itu adalah bagian dari Lembah Jordania dan sering ditimpa banjir bandang ketika arus air yang deras turun dari bukit-bukit disekitarnya apabila hujan lebat turun.

Pada April lalu, 10 orang siswa Israel tewas dilanda banjir serupa ketika mereka sedang berjalan kaki dekat Laut Mati. [VOA/shar]