MAKASSAR – Gubernur Provinsi Sulsel Nurdin Abdullah secara Virtual, Membuka Business Gathering 2020 yang digelar BI Sulsel Kamis (24/9).

Pada kesempatan itu Gubernur Sulsel Mengaku sangat optimis inflasi sulsel ditriwulan ke 3 akan lebih rendah.

“Saat ini dengan berbagai terobosan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah provinsi sulsel,Kami optimis inflasi di Sulawesi Selatan pada triwulan III 2020¬†akan lebih rendah dari triwulan II (yoy) yang tercatat 2,3 persen.”Ungkapnya.

Ia menjelaskan Upaya dalam menekan penyebaran covid-19 serta mendorong pemulihan ekonomi akan memberikan dampak yang sangat positif.

“Segala upaya yang dilakukan dalam menekan penyebaran covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi,serta didukung dengan situasi yang kondusif akan membuat ekonomi Sulsel tumbuh lebih baik.”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan optimisme Menurunnya inflasi ditriwulan ke 3 dapat dilihat dari kondisi saat ini.

“Perkembangan inflasi Sulsel dari triwulan II 2020 yang lebih rendah dibandingkan triwulan I yang masih tercatat 2,5 persen (yoy),Menjadi pertanda baik,kedepannya inflasi akan semakin rendah,”Katanya.

Ia Menjelaskan Saat ini daya beli masyarakat semakin baik serta dipengaruhi oleh tersedianya komoditas kebutuhan masyarakat yang dipicu masa panen.

“Inflasi yang akan lebih terkendali ke depan, dengan pertimbangan bahwa harapan terhadap daya beli masyarakat semakin baik, juga dipengaruhi oleh tersedianya komoditas kebutuhan masyarakat yang dipicu masa panen,”Jelasnya

Lebih jauh Bambang Mengaku Rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel dan Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) telah dilaksanakan.

“TPID Sulsel dan Rakorwil TPID Wilayah Sulampua telah dilakukan yang diikuti 10 provinsi dan disimpulkan bahwa ke depan kerja sama antardaerah dan pertukaran data harus semakin ditingkatkan guna mendukung pengendalian inflasi di wilayah Sulampua,”Pungkasnya

Ia Menambahkan pihaknya optimistis inflasi triwulan III hingga IV 2020 akan terus mengalami perbaikan.

“Mencermati semua itu kita optimis inflasi triwulan III hingga IV 2020 akan terus mengalami perbaikan.”Tutupnya. [*]