Buka Kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM, Sukarniaty Tekankan Pentingnya Desain Kemasan yang Baik

Buka Kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM, Sukarniaty Tekankan Pentingnya Desain Kemasan yang Baik
Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kadis Diskop UKM) Sulsel, Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM membuka kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM Angkatan 1 Tahun Anggaran 2022 di Hotel Grand Palace, Rabu (9/11/2022 ).

MAKASSAR—Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kadis Diskop UKM) Sulsel, Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM membuka kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM Angkatan 1 Tahun Anggaran 2022 di Hotel Grand Palace, Rabu (9/11/2022 ).

Dalam paparannya, Sukarniaty Kondolele mengemukakan, kemasan produk yang baik adalah kemasan yang mampu menjalankan fungsi kemasan dengan baik dan memiliki daya tarik desain bentuk dan grafis yang baik.

“Bahasa visual akan lebih banyak membantu konsumen memahami kemasan produk. UMKM sebagai produsen harus mampu memberikan jaminan kualitas dan keamanan pangan atas produk pangan yang dihasilkannya karena cita rasa menjadi faktor yang sangat penting dalam bisnis pangan dan semuanya harus dibuktikan dengan legalitas produk,” paparnya.

Sukarniaty Kondolele yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel ini mengemukakan, Pemprov Sulsel akan terus membina, mengembangkan dan mencerdaskan para pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten dan Kota di Sulsel.

“Menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk membina, mengembangkan, serta mencerdaskan para pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Kota yang terus memerlukan strategi untuk dibina dan dikembangkan, baik dalam hal peningkatan SDM Pengelola, Usaha, ataupun akses modal dan pemasaran produk,” sebutnya.

Sukarniaty Kondolele juga mengaku pandemi ini menjadi tantangan UMKM Sulawesi Selatan untuk tumbuh dan menebarkan manfaat untuk masyarakat.

Berita Lainnya

“Selama Pandemi menuju Endemi kami tetap memberikan perhatian khusus kepada para pelaku UMKM di Sulsel agar makin eksis dan tidak boleh tergerus dengan pandemi. Sebaliknya, pandemi ini menjadi momentum UMKM Sulawesi Selatan untuk tumbuh dan menebarkan manfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Lihat Juga:  Hari Jadi Sulsel akan dihadiri Menteri, Tokoh Nasional, Gubernur se-Sulawesi

Banyak permasalahan kualitas produk dan kemasan dari usaha skala UMKM di pasar, sehingga sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait terutama dari para penggiat UMKM.

“Banyak produk UMKM yang sudah bagus dan memiliki legalitas, tetapi tidak sedikit produk UMKM yang belum di level tersebut. Hal yang sering terjadi adalah pada produk pangan, karena memang produk pangan ini menguasai lebih dari 70% usaha skala UMKM,” kata Ani sapaan akrabnya.

Untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen dan keberlangsungan usaha dari produsen sendiri, maka UMKM produsen perlu mendapatkan pembinaan dan kurasi produk sebelum produk mereka meluncur di pasaran

“Hal itu bertujuan untuk pengecekan kualitas dan sekaligus solusi-solusi peningkatan kualitas produk jika dibutuhkan, termasuk kualitas kemasan produk yang lebih menarik dan tetap menjaga fungsi kemasan tersebut,” ungkapnya.

Masyarakat butuh jaminan bahwa produk yang mereka konsumsi harus benar-benar diproduksi oleh produsen yang legal, dengan dibuktikan adanya ijin usaha atau ijin dari dinas kesehatan yang dikenal dengan PIRT. Khusus untuk olahan basah susu, ikan dan daging dibutuhkan ijin edar dari BPOM.

Kandungan dan nutrisi dari produk pangan juga akan menjadi bahan pertimbangan dalam kurasi kualitas produk, terutama makanan yang masih menggunakan pengawet, pewarna, penyedap, perasa, penggumpal, pemutih dan sebagainya. Bisa dikatakan jika banyak bahan aditif yang ditambahkan, maka makanan tersebut tidak berkualitas.

“Kebersihan makanan juga menjadi unsur penting dalam kurasi kualitas, termasuk sisa-sisa minyak dan bahan lain yang tidak perlu ada,” pungkasnya. (*)

Plt Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kadis Diskop UKM) Sulsel, Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM membuka kegiatan Kurasi Produk Unggulan UMKM Angkatan 1 Tahun Anggaran 2022 di Hotel Grand Palace, Rabu (9/11/2022 ).

Berita terkait