Beranda » News » Bupati Mappi: Semua Harus Fokus Kuliah
Bupati Mappi: Semua Harus Fokus Kuliah
Media Kampus News

Bupati Mappi: Semua Harus Fokus Kuliah

YOGYAKARTA – Bupati Mappi, Papua, Kristosimus Yohanes Agawemu secara khusus datang menemui dan memberikan motivasi belajar kepada ratusan mahasiswa asal Mappi di Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, bupati menekankan agar mahasiswa tetap fokus kuliah dan tidak mudah terprovokasi oleh berita yang tidak jelas.

“Saya mau sampaikan yang kuliah di Jogja agar tetap fokus kuliah dan jangan terpengaruh oleh isu di media sosial yang tidak jelas kebenarannya. Kalian harus fokus pada tujuan awal yaitu belajar,” imbuhnya

“Saya dan orang tua kalian hanya perlu melihat kalian lulus tepat waktu dan mendapatkan ijazah agar bisa segera membantu orang tua,” ucap Kristosimus Rabu (11/9/2019).

Pada pertemuan yang dilakukan di Ruang Seminar Timur Fisipol UGM tersebut, Bupati Mappi menyampaikan agar mahasiswa Mappi diharapkan bisa memilah infomasi dengan benar serta tidak terlibat pada gerakan-gerakan yang tidak jelas tujuannya.

“Saya perlu proteksi kalian semua agar tidak usah bergabung dengan gerakan yang tidak jelas. Apabila kalian terlibat hal-hal yang menyimpang dan menyebabkan gagal studi, kalian sama saja tidak menghargai kami semua”

“Kalau ada yang terlibat, saya akan pulangkan ke Mappi. Pemerintah Mappi tegas tentang ini”, tambah Rito sapaan akrabnya.

Bupati juga memotivasi mahasiswa agar bisa berpikir kreatif dan pantang menyerah. Menurutnya, kesempatan emas kuliah di Yogyakarta harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Mahasiswa Mappi yang ada di Jogja harus berfikir kreatif. Besok kalau sudah jadi sarjana jangan semuanya minta jadi PNS”

“Bukalah lapangan pekerjaan untuk saudara-saudara di kampung agar semua bisa sejahtera. Kalau kalian bisa membuka lapangan pekerjaan, pemerintah tentu akan senang”, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bambang Purwoko selaku Ketua Gugus Tugas Papua UGM juga menekankan beberapa hal.

“Saya minta semua untuk fokus kuliah. Kerjakan tugas-tugas kuliah dengan baik. Kalian semua adalah putra-putri terpilih Mappi yang besok akan membangun Mappi”, ungkap Bambang.

Bambang berpesan agar mahasiswa Mappi tidak mudah terprovokasi oleh hasutan-hasutan apapun, apalagi mengikuti demo.

Dia berharap, semua mahasiswa Mappi yang ada di Yogyakarta bisa segera menyelesaikan studinya dan bisa pulang untuk membangun kampung halaman.

“Semua yang dilakukan Pemda Mappi dan Gugus Tugas Papua lakukan selama ini agar semua bisa sukses dalam belajar. Jadi tolong jangan sia-siakan kesempatan ini,” pungkas Bambang.

Bambang juga menekankan Gugus Tugas Papua UGM siap mendampingi mahasiswa Papua dalam proses menempuh studi di Yogyakarta

“Kami di Gugus Tugas Papua UGM adalah orang tua asuh dan saudara bagi kalian semua adik-adik mahasiswa Papua”

“Kami siap mendampingi adik-adik mahasiswa untuk meraih sukses dalam studi, dan bisa segera bekerja membangun Papua, membangun Indonesia,” jelas Bambang.

Bambang juga mengapresiasi Bupati Mappi yang mempunyai perhatian sangat besar terhadap pendidikan.

Menurutnya, selama 2017 hingga 2019 pemerintah Mappi telah mengirimkan 446 guru kontrak (GPDT) untuk meningkatkan SDM masyarakat Mappi.

Selain itu, pemerintah Mappi pada tahun ini telah memberikan beasiswa kepada 100 mahasiswa di Universitas Sanata Dharma dan 9 mahasiswa di Universitas Gadjah Mada.

“Pendidikan adalah investasi masa depan, dan kalian semua saat ini sedang difasilitasi untuk memperoleh pendidikan dengan baik. Jadi silakan dimanfaatkan dengan baik untuk modal membangun Mappi di masa mendatang”, ucap Bambang.

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut diakhiri dengan foto bersama dan diskusi santai dengan Bupati Mappi. (*/M3t)