Cahaya dalam Sunyi, Untuk Penyandang Tuli Akhirnya Merasakan Indahnya Lebaran

#CahayaDalamSunyi adalah sebuah pengembangan materi pembelajaran agama Islam dengan menggunakan bahasa isyarat yang inovatif, kreatif, & aksesibel untuk teman-teman Tuli yang sedang digarap oleh @TheLittleHijabiHomeschooling & @QuranIDproject.

Menyambut Idul Fitri 1439 H, tanggal 1 Juni 2018 #QuranIDprojectISYARAT merilis rekaman takbiran melibatkan komunitas Tuli untuk pertamakalinya dan didukung oleh lebih dari 25 penyanyi dan musisi tanah air.

“Cahaya dalam Sunyi adalah bagaimana suasana takbiran divisualisasikan melalui video lagu dengan bahasa isyarat. Harapannya agar teman-teman tuli bisa merasakan indahnya hari lebaran,” kata Archy, produser Cahaya dalam Sunyi di Ciputra Artpreneur Theater, Rabu (6/6).

Banyak yang menganggap bahwa penyandang tunarungu tak dapat menikmati musik. Faktanya, mereka mampu merasakan keberadaan musik lewat getaran yang dihasilkan oleh bebunyian musik.

Akses untuk menikmati musik bagi kaum tunarungu tersebut itu pun direalisasikan oleh 3 produser, Archie Wijaya, Rilla Lusiana, dan Ifa Fachir. Dibantu Galuh Sukmara selaku edukator tuli, serta aktivis tuli, Surya Sahetapy, video lagu bernafaskan religi tersebut berisikan lantunan Takbir Hari Raya yang di ekspresikan teatrikal oleh beberapa komunitas Tuli.

“Terimakasih karena mimpi saya selama 35 tahun ini bahwa teman-teman tuli bisa menikmati musik. Artinya, kalau saya tuli tidak bisa menikmati suara (lagu), saya lalu ketemu Archy diberi lirik. Lalu, dia menyuruh saya membuat lagu (dalam gerakan isyarat) agar teman-teman tuli bisa paham dan menikmati,” kata Bunda Galuh dengan bahasa isyarat yang telah ditranslasi.

Dalam mewujudkan program ini, #QuranIDproject mengajak masyarakat luas berkontribusi melalui penggalangan dana bersama jaringan @Dompet_Dhuafa agar memudahkan akses teman-teman Tuli terhadap informasi agama Islam.

Lagu Cahaya dalam Sunyi dapat diakses oleh masyarakat melalui platform digital seperti Spotify, iTunes, Joox, Deezer, Apple Music, dan kanal youtube.com/QuranIndonesia.

Informasi dan Konfirmasi :

WA : 08121292528
Telp : 021 741 60 50
[email protected]
[email protected]

Untuk donasi : https://kitabisa.com/cahayadalamsunyi

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register