INFO—Tak sedikit diantara kita memiliki rasa penasaran yang tinggi, siapa sajakah yang sudah mengintip atau bahkan rutin melihat profil Facebook (FB) kita. Bahkan acap kali kita ingin tahu apakah mantan kita, atau ada nama-nama yang ingin kita tahu apakah dia mengintip profil FB kita.

Tak jarang juga sejumlah pesan berantai yang dikirimkan melalui sejumlah platform media sosial seperti WhatsApp dan FB sendiri memberikan info kepada kita cara melihat siapa saja yang sudah melongok profil FB yang kita miliki.

Mulai dari arahan untuk mendownload aplikasi tertentu atau bahkan kita diarahkan untuk mengklik salah satu alamat website tertentu seperti yang baru-baru ini terjadi yaitu https://bit.ly/3b1tY1d.

Pertanyaannya betulkah hal itu benar bisa kita lakukan?

Sesuai penelusuran Mediasulsel.com, berdasarkan konfirmasi yang dilakukan kompas.com dan diterbitkan dengan judul artikel [HOAKS] Unggahan soal Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook Kita pada 19 Februari 2021, disebutkan bahwa hal itu tidak benar bisa dilakukan.

Dalam artikel tersebut disebutkan, seorang Ahli IT yang juga dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rosihan Ari Yuana menjelaskan, bahwa Facebook dalam laman resminya telah menjelaskan bahwa hal semacam itu tidak bisa dilakukan. “Sehingga jika ada yang mengatakan ada cara untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil kita, maka itu adalah fake,” ujar Rosihan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Facebook dalam laman resminya. Dalam keterangan tersebut, Facebook menjawab pertanyaan mengenai ‘bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?’

“Tidak, Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini,” tulis Facebook.

Dalam keterangan itu, Facebook juga mengingatkan agar mereka yang menemukan aplikasi yang mengklaim bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook user untuk melaporkannya ke Facebook.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Rosihan, pihaknya menilai link yang disertakan dalam sejumlah pesan yang beredar yang disebut sebagai cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook tersebut adalah phising. “Hati-hati, ini phising,” ujarnya.

Ia mengatakan jika link dalam pesan tersebut diklik, maka akan muncul tampilan mirip login Facebook namun jika dicermati link URL tersebut bukan berasal dari Facebook resmi.

“Begitu kita masukkan akun FB kita, bisa jadi akun kita disimpannya untuk membajak akun FB,” jelasnya.

Menurutnya dengan cara dibuatnya tampilan mirip web asli yang sama persis seperti itu, maka besar kemungkinan seseorang untuk terkecoh. Rosihan juga mengingatkan agar setiap kali masyarakat akan melakukan login ke suatu website maka harus selalu memastikan keaslian link URL-nya.

Berdasarkan artikel yang telah tayang di Kompas.com dengan judul “[HOAKS] Unggahan soal Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook Kita” tersebut, jelas dapat kita simpulkan bahwa kita tidak akan pernah bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil FB kita.

Olehnya itu jika ada pesan yang menyampaikan dan atau mengiming-iming kita, bahwa ada cara untuk melihat siapa yang mengintip profil FB kita,dapat dipastikan hal itu adalah Hoax atau penipuan yang sebaiknya tidak diikuti,karena bisa berdampak pada merugikan diri sendiri atau teman dalam FB kita. (464Ys)