SEHAT – Acap kali dalam keseharian, kita menemukan daun salam di dalam masakan yang sedang atau akan kita santap. Namun, tidak sedikit diantara kita, bahkan mereka yang memasaknya hanya sekedar untuk memberikan aroma tertentu akan kehadiran daun salam tersebut.

Namun realitanya, daun salam sebenarnya tidak menghadirkan aroma apapun dalam masakan, bahkan jika anda merebus daun salam dalam segelar air dan mencicipinya. Anda tidak akan merasakan perbedaan apapun dari sisi rasa maupun aroma dengan air putih biasa.

Kebiasaan nenek moyang kita memasukan daun salam ke dalam masakan tersebut, ternyata bukan hanya untuk menghadirkan aroma. Hal itu terbukti karena sejumlah studi menemukan, bahwa penambahan daun salam ke daging mengubah trigliserida menjadi lemak tak jenuh tunggal.

Untuk membuktikan hal tersebut, coba potong ayam menjadi dua bagian, masak masing-masing setengah dalam panci dan letakkan di satu daun salam, dan yang lainnya tanpa daun salam. Amati jumlah lemak di kedua tempat tersebut.

Dari penelusuran yang dilakukan Media Sulsel sejumlah studi yang dilakukan oleh sejumlah pihak, menemukan sejumlah manfaat daun salam diantaranya, Daun salam mengobati gangguan pencernaan dan membantu menghilangkan benjolan.

Selain itu, daun salam juga dapat meringankan Mulas, Keasaman, Sembelit, mengatur pergerakan usus dengan minum teh salam panas.

Daun salam juga merupakan antioksidan yang mampu menurunkan gula darah, dengan memakan atau meminum teh daun salam kurang lebih satu bulan berturut-turut, memungkinkan tubuh memproduksi insulin, serta menghilangkan kolesterol jahat dan mengurangi trigliserida dalam tubuh.

Daun salam yang meimliki kandungan vitamin C yang besar dipercaya juga bermanfaat mengobati pilek, flu, dan batuk parah. Merebus daun dan menghirup uapnya juga dapat menghilangkan dahak dan mengurangi keparahan batuk.

Daun salam juga diyakini mengandung senyawa pelindung kardiovaskular dan mampu melindungi jantung dari kejang dan stroke.

Selain itui daun salam juga kaya akan asam, seperti asam caffeic, quercetin, eigonol dan bartolinide, yang merupakan zat yang mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Meminum rebusan daun salam sebelum tidur, juga mampu membantu anda menjadi rileks, dan menghilangkan imsomnia serta kecemasan sehingga memudahkan anda tidur dengan nyenyak.

Terakhir buat anda yang menderita batu ginjal, cobalah meminum secangkir daun salam rebus dua kali sehari, karena itu akan mampu memecah batu ginjal dan menyembuhkan infeksi. Selamat mencoba. (berbagai sumber)