Dosen FKIP Unismuh Makassar Eny Syatriana Orasi ilmiah di Global Scence Institute Ternate
Dosen S1 Pendidikan Bahasa Inggeris FKIP Unismuh Makassar, Dr.Eny Syatriana, S.Pd, M.Pd membawakan orasi ilmiah berjudul Jadikan Teknologi Sahabat Anak Bangsa pada wisuda Program Komputer Profesional 1 Tahun Angkatan ke-19 Tahun Akademik 2019-2020, Global Science Institute (GSI) Ternate , Sabtu (31/10/2020).

TERNATE—Dosen S1 Pendidikan Bahasa Inggeris FKIP Unismuh Makassar, Dr.Eny Syatriana, S.Pd, M.Pd membawakan orasi ilmiah berjudul Jadikan Teknologi Sahabat Anak Bangsa  pada wisuda Program Komputer Profesional 1 Tahun Angkatan ke-19 Tahun Akademik 2019-2020, Global Science Institute (GSI) Ternate , Sabtu (31/10/2020).

Pada kesempatan itu Eny tegaskan, tantangan persaingan memerlukan kesiapan sumber daya bangsa yang handal dan berkualitas.  Sumber daya yang memesona  gemar mencintai teknologi.

Guna  mendapatkan prestasi akdemik yang diperoleh melalui salah satu primary need yaitu penggunan teknologi yang dapat menjadikn sumber daya indefenden dalam mencari , menciptakan dan memilih pekerjaan, katanya.

Teknologi tidak hanya sekedar proses belajar mekanik tetapi sebagai perilaku belajar untuk menjadi agen of change, kata magister pendidikan bahasa Inggeris PPs-UNM 2006 ini.

Salah satunya adalah dengan cyber dengan aplikasi TPACK ( Technological, Pedagogical, Content Knowledge),adalah salah satu implementasi untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang merupakan ciri pembelajaran Abad ke-21.

Model pembelajaran Abad ke-21 ini  menggabungkan 3 aspek utama yaitu, teknologi pedagogic dan materi pengetahuan yang merupakan elemen dasar yang harus dimiliki anak bangsa, tandas doktor pendidikan bahasa Inggeris PPs-UNM 2014 ini.

Pada proses peningkatan konten  pengetahuan tentu saja membutuhkan keterampilan guna menghasilkan outcome yang berkarakter mulia. Konsep TPAC ini sangat bermanfaat untuk menyajikan pembelajaran. (ulla/yahya/cr/shar)