Gempa Blitar Rusak Ratusan Rumah dan Puluhan Fasilitas Umum
Puskesmas kecamatan Wates, Kabupaten Blitar yang mengalami kerusakan, akibat gempa yang terjadi Jumat (22/5/2021).

BLITAR—Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 6.2 yang berpusat 57 KM arah tenggara Kabupaten Blitar pada Jumat, 21 Mei 2021 sekitar pukul 19.00 WIB setidaknya berdampak pada rusaknya ratusan rumah warga dan puluhan fasilitas umum.

Menurut Sumber Media Sulsel di Blitar, Ariagung Radnadi, sesuai data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar pada Sabtu, 22 Mei 2021, setidaknya di kabupaten Blitar terdapat 101 rumah dan 10 fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

“Sesuai data BPBD kabupaten Blitar ada 7 daerah di kabupaten Blitar yang terdampak gempa tersebut, dan dari 7 daerah itu terdapat 101 rumah dan 10 Fasum yang mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda,” tutur Agung kepada Mediasulsel.com, Senin (24/05/2021).

Namun meski demikian sejauh ini, masih menurut Agung belum diperoleh informasi adanya korban jiwa, dan hanya terdapat satu orang warga yang mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan.

Selain itu Agung menuturkan, dari sejumlah info yang dia himpun selain di Kabupaten Blitar, sejumlah kabupaten dan kota yang juga mengalami dampak atas kejadian tersebut, diantaranya Kabupaten Malang yang melaporkan terdapat 27 rumah dan 5 fasilitas umum rusak, Kota Blitar 3 rumah warga yang juga mengalami kerusakan.

Sementara itu lanjut Agung,Kabupaten Lumajang terdapat 19 unit rumah rusak, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan dan kabupaten jember masing-masing diperoleh informasi 1 rumah mengalami kerusakan. (464ys)