Beranda ยป Sulsel ยป Gubernur Tidak Respon Surat dari Dispora, Kenapa?
Gubernur Tidak Respon Surat dari Dispora, Kenapa?
Sri Endang Sukarsi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan. (Foto: Dok)
Sulsel

Gubernur Tidak Respon Surat dari Dispora, Kenapa?

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah belum merespon niat baik Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Sri Endang Sukarsi untuk melanjutkan pembangunan Stadion Barombong.

Padahal, pelaksanan konstruksi sudah seharusnya dikebut tahun ini, lantaran kontrak kerja pelaksanaan mega proyek stadion ini selesai pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dispora Sulsel, Sri Endang mengatakan pihaknya telah mengajukan surat ke Gubernur untuk melanjutkan pelaksanaan pembangunan stadion namun belum ada respon.

“Sudah dua pekan saya menyurat ke Gubernur tapi belum ada respon. Tentu sebagai bawahan kita permisi ke pimpinan sebelum mengerjakan atau mengambil keputusan,” ujarnya, Selasa (21/5/2019).

Selain karena alasan kejar target selesai pada tahun 2020, Sri mengungkapkan pihaknya punya alasan lain mengapa stadion ini sudah harus dikebut.

Stadion ini kata mantan Kepala Biro Napza Sulsel ini sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Daerah (BPKP) Sulsel pasca dilakukan audit.

Dalam rekomendasi BPKP ada dua rekomendasi, anggaran tahap finishing sudah terukur, dan menyempurnakan pembangunan yang sebelumnya ada.

“Sebenarnya bisa saja kita langsung kerja, tapi kan kita punya pimpinan. Saya kira ini tak perlu dipersoalkan, harapan bagaimana agar kita sama-sama mendukung terlaksananya pembangunan stadion hingga selesai sempurna,” ujar Sri.

Lanjut Sri, jika sudah ada ijin Gubernur, pihaknya akan lanjut mengerjakan rumput stadion. Untuk rumput stadion ini akan diadakan oleh pihak ketiga melalui lelang proyek.

Untuk anggaran proyek rumput stadion ini telah terdaftar di anggaran pokok Pemprov Sulsel dengan nilai sebesar Rp5 miliar.

Sementara itu, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah belum memberikan tanggapan atas surat yang dilayangkan Kadispora kepada dirinya.

Saat ini, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sedang melakukan perjalanan dinas ke kabupaten Bantaeng dan Jeneponto.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengaku butuh anggaran Rp500 miliar untuk menyelesaikan Stadion Barombong.

Nurdin Abdullah menemukan beberapa bagian yang harus dibahas terlebih dahulu sebelum melanjutkan pembangunan.

Yang utama dalam stadion kata Nurdin adalah bangun lahan parkir, akses jalan masuk dan toilet.

“Ini kan rencana kita akan kita lebarin jalan, mulai dari jalan Metro Tanjung Bunga sampai di dalam gerbang stadion Barombong ini,” kata Nurdin.

Perlu diketahui, sejak dikeluarkannya perintah audit keuangan pada 21 Desember 2018 lalu, telah dilaporkan bahwa anggaran yang telah terpakai selama proses pembangunan itu sebanyak Rp226,6 miliar (2013-2018).

Sekarang progres fisik stadion 95 persen, pembangunan fisik. Sedangkan lainnya yang masih harus dikerjakan seperti jalan lingkar, parkir, MEP (mekanikal, elektrikal dan plumbing/pemipaan). Dan lainnya, seperti kursi dan papan skor. (5421f)