GOWA – Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Faisal menghadiri kegiatan Launching program Agroforestry didesa Tonasa Malino, Kabupaten Gowa (25-1-20).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel,Faisal mengatakan program ini digagas oleh PT Yayasan Kalla dengan melakukan penanaman satu juta pohon.

“Program Agroforestry diinisiasi oleh PT Yayasan Kalla yang didalamnya ada perusahaan PT Tombolo energi, Bukit Baruga maupun lainnya dengan melakukan penanaman pohon sebanyak satu juta dihulu DAS Jeneberang,” Ungkap Faisal.

Dia menyebutkan selain menanam pohon PT Yayasan Kalla bersama seluruh perusahaan konsersium juga akan mentumpang sarikan dengan tanaman pertanian.

“Jadi Pada prinsipnya selain menanam satu juta pohon, juga akan mentumpang sarikan dengan tanaman pertanian,sehingga masyarakat mendapatkan hasil baik secara jangka pendek maupun panjang,” Sebutnya.

Faisal lebih jauh mengaku,Jangka pendek dari program Agroforestry masyarakat akan mendapatkan hasil dari pertanian,sementara lainnya akan membuat tata air bisa terjaga.

“Pada tahap awal program Agroforestry ditanam 30 ribu bibit pohon baik pohon mahoni,jati putih maupun jenis pohon lainnya,” jelasnya.

Kadis kehutanan provinsi sulsel berharap Program yang digagas Yayasan kalla bisa terus berkesinambungan dan CSR dari perusahaan lainnya bisa dimasukkan dalam kegiatan semacam ini.

“Kegiatan semacam ini diharapkan dapat terus berlanjut dan diikuti oleh perusahaan lainnya,dengan menggunakan CSRnya dalam kegiatan seperti ini,” Tegasnya.

Pada kegiatan ini dihadiri seluruh Direksi Yayasan Kalla,asisten 2 pemkab gowa, Kapolsek dan Danramil serta masyarakat lainnya. [*]