Rektor UNM Husain Syam
Rektor UNM, Prof Husain Syam saat ditemui awak media, Selasa (26/10/2021).

MAKASSAR—Universitas Negeri Makassar menggelar Kuliah Umum dengan tema “Peran Pemuda dalam Entrepreneurship untuk Pengembangan Kota”.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Phinisi UNM, Selasa (26/10/2021) dengan menghadirkan dua kepala daerah sebagai narasumber. Yakni Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Bupati Wajo Amran Mahmud.

Rektor UNM Husain Syam menjelaskan, UNM merupakan wadah untuk mencetak enterpreneur muda. Secara teori, para mahasiswa sudah diberi bekal ilmu bagaimana menjadi seorang yang sukses di bidang masing-masing.

Selanjutnya, kata Husain, mereka juga butuh mendengarkan kiat dan strategi dari orang yang punya latar belakang pengalaman mumpuni menapaki jalan sukses.

“Itulah kenapa kita menghadirkan dua tokoh, yakni Wali Kota Makassar dan Bupati Wajo untuk berbagi pengalaman. Kedua kepala daerah ini sudah menerapkan konsep pembangunan yang bermuara untuk kesejahteraan rakyat,” kata Husain.

Diapun berharap apa yang disampaikan kedua pemateri tersebut bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa, khususnya yang akan melangkah ke dunia kerja dan usaha agar bisa sukses.

“Jadi kami berharap dengan hadirnya kedua tokoh tersebut, kita bisa mencetak lulusan yang berpengalaman di lapangan. Mahasiswa bisa mengkombinasikan teori di kampus dan pengalaman dari sosok inspiratif,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) membakar semangat Mahasiswa(i) Universitas Negeri Makassar (UNM) lewat kuliah umum yang diberikan.

Danny mengatakan peran pemuda sangat sentral dalam pembangunan nasional.

Potensi pemuda di Makassar sangat luar biasa. Apalagi dengan ditopang oleh kampus yang menciptakan pemuda-pemuda berintelektual.

Kata Danny, membangkitkan semangat kewirausahaan pemuda untuk melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang mampu membuka lapangan kerja salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk melanjutkan generasi kedepan.

“Apa yang perlu ditanamkan oleh pemuda saat ini? Bagi yang berjiwa wirausaha kreatif lah, ciptakan lapangan kerja, sekarang banyak sekali yang bisa dijadikan ladang berbisnis, apalagi di dunia digital. Saya yakin para alumni UNM kedepan bisa implementasikan itu,” ucap Danny.

Danny berharap, pemuda mampu berinovasi dan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

“Disisi pemerintah kami juga akan terus berusaha mendukung berbagai inovasi yang dicetuskan para pemuda. Ini sebagai bentuk kaloborasi yang apik agar menciptakan masa depan bagi bangsa kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini pula, UNM dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo serta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan penandatanganan kerjasama/MoU terkait pengembangan dan pembangunan daerah. (*)