Beranda » Makassar » Inovasi Bank Sampah, Wali Kota Danny Di Akui Seluruh Bangsa
Makassar

Inovasi Bank Sampah, Wali Kota Danny Di Akui Seluruh Bangsa

MAKASSAR – Program inovasi pemerintah Kota Makassar dalam pengelolaan Bank Sampah dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh GM Unilever Indonesia Foundation, Sinta Kaniawati dalam sambutannya pada acara Awarding Makassar green and clean program bank sampah tahun 2017, Sabtu (23/12/2017) di Gedung PKK Kota Makassar.

Dia mengatakan program yang di inisiasi oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mampu membangkitkan partisipasi masyarakat dengan adanya semangat dan animo masyarakat yang jumlah nasabah mencapai 12 ribu mengikuti program tersebut.

Katanya, Ini bukti nyata kota Makassar bisa berubah dan memeberikan contoh kepada seluruh bangsa Indonesia.

“Saya bertemu pak Danny di bali saat acara forum Internarional dan beliau membawa contoh bagaimana kerja keras dari warga Kota Makassar dan itu diberikan apresiasi dari seluruh petinggi di dunia yang hadir,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menuturkan bank sampah hingga saat ini telah memberikan banyak manfaat baik sosial dan Ekonomi.

Ini merupakan kelembagaan yang kuat untuk menopang kebersihan, selain itu dengan hadirnya bank sampah juga dapat mengurangi pengangguran, serta menjadi kesempatan bagi para ibu untuk berusaha.

“Hal ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya Insya Allah dengan bank sampah kita bawa Makassar dua kali tambah baik,” ujarnya.

Direktur Yayasan Peduli Negeri (YPN) yang juga Direktur Bank Sampah Indonesia Timur, Saharuddin Ridwan sempat bernostalgia. Katanya, pada saat tahun 2013 awal pihaknya resah karena sampah tidak ada yang beli.

“Tapi sejak kepemimpinan Pak Danny kami langsung semangat. Beliau memberikan ide bagaimana mengelolah sampah dengan menghadirkan DP UPTD. Secara ekonomi tiap hari berputar dan setiap hari ada saja bank sampah tercipta dari bawah,” ungkapnya.

Sebagai catatan, hingga saat ini total nasabah di seluruh Kota Makassar sudah hampir mencapai 20 ribu nasabah. (*/alf/shar)